Sofa adalah salah satu elemen yang keberadaannya sangat penting pada sebuah ruang tamu modern. Sofa tidak hanya digunakan untuk menjamu tamu yang datang, namun juga berfungsi untuk mempercantik ruangan. Oleh karena itulah mengapa anda perlu memilih sofa yang paling tepat untuk digunakan.

Saat memilih sofa, anda tidak boleh hanya secara asal-asalan atau sembarangan saja. Hal ini mengingat usia pemakaian sofa ruang tamu modern yang cukup lama disamping harganya yang tentu tidak murah. Anda harus jeli dalam memilih agar mendapatkan sofa terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut tips memilih sofa ruang tamu yang perlu anda ketahui.

  • Perhatikan rangka sofa

Tips memilih sofa yang pertama yakni memperhatikan rangka sofa yang anda pilih. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan yaitu material pembuat dan konstruksi rangka sofa. Pada umumnya material kayu lebih sering digunakan untuk menopang sofa karena lebih kokoh dan taham lama. Hindari rangka sofa yang dikaitkan dengan lem dan baut karena membuat rangka menjadi rentan patah.

  • Pilih material yang baik

Material pembuat sofa sangatlah banyak, mulai dari nilon, kulit imitasi ataupun fabric. Biasanya sofa yang terbuat dari kulit imitasi memiliki kualitas yang baik sepertiĀ  sofa EKTROP 2 dudukan dari IKEA. Namun jika anda menginginkan sofa yang baik tapi terkendala pada biaya, maka menggunakan sofa berbahan fabric bisa menjadi solusi.

  • Periksa ketinggian dan kedalaman sofa

Mengecek ketinggian dan kedalam sofa juga menjadi hal yang tidak boleh anda lewatkan. Untuk mengetahuinya, anda bisa mencoba dengan mendudukinya langsung. Pastikan saat duduk di sofa kaki anda tidak menggantung dan kedalaman sofa juga mampu menampung badan anda secara keseluruhan.

  • Sesuaikan ukuran sofa dengan ruangan

Setlah mengecek rangka, material, ketinggian dan kedalaman sofa selanjutnya yakni menyesuaikan ukuran sofa dengan ruangan. Pastikan sebelum membeli, anda telah mengukur luas ruangan terlebih dahulu. Sebab jika anda melewatkan hal ini, maka dikhawatirkan sofa yang anda pilih memiliki ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil ketika ditempatkan pada ruangan.

Perlu anda ketahui bahwa terdapat banyak model sofa yang bisa anda pilih sesuai dengan selera. Misalnya seperti sofa tiga dudukan dari IKEA yang sangat cocok untuk desain ruang tamu modern. Selain menjadi merk yang terpercaya, kualitas dari sofa ini sudah tidak diragukan lagi.