Cara mengecilkan perut buncit pada wanita – Menjaga asupan nutrisi di masa pandemi COVID-19 tentu sangat penting. Apalagi bagi Anda yang sedang diet. Menurut World Health Organization (WHO), diet sehat menjadi cara bagi Anda untuk tetap menjaga keseimbangan asupan makanan tanpa merasa cemas akan kekurangan nutrisi di masa pandemi seperti ini.

Dilansir dari laman WHO (18/5/2020), tiap usia memiliki aturan tersendiri untuk melakukan diet sehat. Bagi bayi, diet sehat dilakukan dengan memberinya makanan bergizi dan aman sebagai pelengkap asi di usia enam bulan hingga dua tahun. Untuk anak kecil, diet sehat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Bagi orang tua, diet sehat dapat membantu agar hidup lebih sehat dan produktif.

Lantas bagaimana cara mempertahankan diet sehat di masa pandemi Covid-19? Berikut cara diet sehat ala di masa pandemi WHO.

1) Konsumsi makanan yang bervariasi, termasuk buah dan sayuran

Makanlah campuran gandum, jagung, beras merah, kacang-kacangan, buah dan sayuran segar. Campurlah dengan beberapa makanan hewani seperti daging, ikan, telur dan susu. Kombinasi makanan ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2) Kurangi garam

Saat memasak, Anda sebaiknya menggunakan garam secukupnya. Batasi asupan garam sebanyak 5 gram atau satu sendok teh per hari. Jangan lupa kurangi penggunaan saus dan bumbu asin lainnya, seperti kecap asin dan kaldu.

3) Konsumsi lemak dan makanan berminyak dalam jumlah sedang

Anda bisa mengganti minyak dengan mentega dan lemak sehat lainnya seperti minyak zaitun, kedelai atau minyak jagung saat memasak. Lalu bila mengkonsumsi daging, pilihlah daging utuh seperti unggas dan ikan. Dibandingkan daging merah, kedua makanan tersebut rendah lemak. Pilih juga susu rendah lemak. Lalu, perbanyak konsumsi olahan makanan yang direbus daripada yang digoreng atau dibakar.

4) Batasi konsumsi gula

Kurangi asupan permen, minuman bersoda, jus buah, dan minuman berasa manis lainnya. Gantilah camilan manis Anda dengan buah-buahan segar. Jangan beri makanan manis kepada anak-anak. Jangan tambahkan garam dan gula ke makanan pendamping ASI anak-anak di bawah usia 2 tahun.