Tips Agar Anda Mudah Berpikir Positif

Inspirasi Hidup – Hidup seperti roda berputar kadang di atas kadang di bawah, yang membedakan adalah bagaimana cara kita menyikapinya. Ada orang yang ketika diberi cobaan dia stres berat, tapi ada juga yang santai-santai saja, karena dia memiliki cara berpikir positif sehingga tak ada yang mengkhawatirkannya. Semua ditentukan oleh pola pikir kita, cara kita memandang sesuatu, bagaimana cara berpikir positif merubah kita menjadi orang yang optimis? bagaimana cara membentuk pikiran positif ini?

Mengembangkan cara berpikir positif dan sikap optimis akan berdampak baik bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Tapi terkadang, cobaan hidup coba menjatuhkan moral Anda, membuat Anda sulit untuk memiliki pandangan positif. Tapi, itulah hidup! hidup adalah medan perjuangan. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengembangkan cara berpikir positif dan rasakan keuntungannya!

Tips Agar Anda Mudah Berpikir Positif

1. Bergaul Dengan Orang Positif

Manusia sebagai makhluk sosial harus berhubungan dengan lingkungan sekitarnya, seperti teman, tetangga, rekan kerja dll. Tapi bukan berarti menerima semua orang masuk ke dalam hidup Anda, tetap harus selektif memilih teman, karena teman adalah salah satu orang yang paling banyak membawa pengaruh dalam hidup seseorang.

Jika Anda berteman dengan orang yang suka mengeluh, kenegatifan (sifat mengeluh) mereka cenderung menular pada Anda. Bertemanlah dan luangkan waktu dengan teman dan anggota keluarga yang memiliki sifat positif maka Anda juga akan tertular sifat positif itu. Sulit menjadi negatif ketika semua orang disekitar Anda sangat positif, hukum alamnya sudah seperti itu.

2. Belajar Memikul Tanggung Jawab

Tak ada orang yang luput dari lupa dan salah, bahkan lupa adalah nama pertama kita sebagai manusia. Bila Anda memiliki masalah atau kesulitan dalam hidup, jangan bersikap seolah-olah Anda adalah korban dari hidup yang tidak adil. Akui pada diri sendiri bahwa Anda telah salah mengambil keputusan dan bertanggung jawablah atas pilihan itu.

Menerima tanggung jawab dapat membantu Anda belajar dari kesalahan dan mencegah Anda menyalahkan orang lain secara tidak adil. Sikap seperti ini akan menumbuhkan cara berpikir positif yang akan membantu Anda menjadi lebih kuat dan dewasa, serta mempersiapkan diri mengatasi masalah hidup yang datang selanjutnya.
3. Berkontribusi Pada Lingkungan

Allah SWT menciptakan manusia dengan tujuan, dan salah satu tujuan itu adalah bermanfaat bagi manusia dan lingkungan sekitarnya yaitu bumi (alam). Salah satu cara agar bermanfaat bagi lingkungan adalah dengan menjadi relawan, misalnya relawan ketika ada bencana alam, kerusakan lingkungan dll.

Sekecil apapun yang kita lakukan pasti memberikan dampak positif bagi lingkungan dan orang lain, bukan seberapa banyak yang dapat kita berikan, tapi seberapa besar pengaruh positif yang kita tularkan pada dunia.

Leave a Comment