Vinyl Lantai Rumah Sakit – Membersihkan karpet dengan penyedot debu atau vacuum cleaner tentu lebih mudah. Namun, tak semua orang memilikinya di rumah.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan karpet. Untuk noda yang ringan atau debu Anda tak perlu menggunakan vacuum cleaner.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan karpet tanpa menggunakan vacuum cleaner, dikutip The Spruce.
1. Sapu
Pilih sapu yang memiliki bulu yang kaku agar lebih efektif mengangkat kotoran dan debu dari karpet. Gunakan pengki dengan pegangan agar Anda tak perlu membungkuk.

Mulailah dari ujung atau sudut karpet dan kerjakan ke ujung yang lain untuk. Sapu dengan arah pendek dan cepat. Jika puing-puing atau debu mulai menumpuk, sapu ke pengki.

Saat menggunakan sapu sebaiknya debu langsung dibuang sehingga debu tidak berterbangan dan Anda harus membersihkan kembali karpet bahkan perabotan yang tekena debu.
2. Pemukul dari rotan
Sejak zaman dulu, pemukul rotan sering digunaka untuk memukul kasur saat dijemur. Hal yang sama juga bisa digunakan untuk karpet.

Jemur karpet pada pagar rumah atau tempat lain yang biasanya Anda gunakan untuk menjemur, setelah itu pukul dengan rotan.

Pukulan dari sapu rotan ini mampu mengusir debu dari karpet dengan maksimal. Namun jangan lupa untuk memakai masker karena debunya akan berterbangan.
3. Gunakan sikat
Anda bisa menggunakan sikat gosok untuk menghilangkan debu dan kotoran secara efektif. Namun pastikan bahwa bahan karpet aman jika dibersihkan menggunakan sikat.

Sama seperti menggunakan rotan, Anda perlu memindahkannya keluar dan digantung. Mulailah dari bagian atas dan turun ke permukaan karpet dengan sapuan pendek dan cepat.

Dengan menggunakan sikat, tak hanya debu yang terangkat, tapi juga rambut atau bulu dari hewan peliharaan.