Revolusi Simbol

Lima ribu tahun yang lalu, orang-orang masih berkeliaran di bumi sebagai pengembara. Mereka membawa serta beberapa barang berharga di tangan dan di punggung mereka. Mereka memburu dan mengumpulkan makanan secara acak. Artikel ini dipersembahkan oleh pusatparfumcinta.com yang merupakan distributor resmi penjualan parfum cinta choirose dengan harga parfum cinta jakarta terbaik dengan produk berkualitas.

Image result for simbolLalu datanglah Revolusi Pertanian: orang-orang menetap dan melekat – secara fisik, emosional dan hukum – ke petak-petak tanah tertentu. Mereka menanam makanan mereka sesuai dengan rencana pra-meditasi. Mereka menjinakkan hewan. Pola baru keberadaan manusia ini membawa perubahan besar dalam pola demografi.

Butuh waktu 4500 tahun sebelum fajar Revolusi berikutnya: Industri. Pencapaian utamanya adalah untuk memisahkan bahan baku dan alat produksi dari tanah. Ini juga menciptakan kebutuhan untuk memiliki tenaga kerja terdidik. Revolusi ini membawa kebangkitan kota-kota (yang memasok pekerja ke mega-pabrik), sistem pendidikan massal dan rekreasi.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, orang mulai memiliki waktu luang di tangan mereka.

Banyak organisasi, perusahaan, dan lembaga bermunculan dalam upaya untuk memuaskan hasrat akan hiburan yang tak pernah puas dan perlunya mengatasi kompleksitas institusi sosial dan ekonomi yang terus berkembang.

Berlawanan dengan pendapat umum, masyarakat yang berorientasi pada layanan – dan masih – bagian yang tidak terpisahkan dari dunia industri.

Hari ini, kita berada di mata badai terbesar yang pernah ada: Gelombang Ketiga (meminjam mata uang Alvin Toffler yang sangat baik). Ini adalah Revolusi Informasi dan Pengetahuan. Ini mengarah pada ekonomi yang akan didasarkan pada akumulasi, pemrosesan dan pengiriman informasi (setara dengan bahan mentah) dan pengetahuan (setara dengan barang yang diproses). Semua ini akan dapat diakses oleh strata masyarakat yang semakin meluas.

Ini, memang, adalah apa yang memisahkan Revolusi ini dari pendahulunya:

(1) Itu adil – siapa pun dan semua orang dapat mengambil bagian di dalamnya.

Untuk berpartisipasi dalam dua Revolusi sebelumnya – diperlukan sejumlah besar modal. Di mana modal salah – kekuatan mentah digunakan untuk mendapatkan bahan mentah, barang modal, tanah dan sarana produksi lainnya (termasuk tenaga kerja sangat murah dalam bentuk perbudakan).

Revolusi ini berbeda: semua yang diperlukan adalah ide-ide bagus, beberapa (semakin mengurangi) latar belakang teknis dan infrastruktur yang semakin murah.

Jadi, Revolusi ini terbuka untuk orang-orang muda di garasi rumah (ini adalah bagaimana raksasa komputer seperti Apple Computers and Microsoft didirikan).

Ini tidak diskriminatif: umur, jenis kelamin, ras, warna kulit, kebangsaan, preferensi seksual – semuanya tidak penting. Revolusi ini adalah Great Equalizer.

(2) Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah manusia bahwa bahan mentah, proses produksi, produk jadi dan saluran pemasaran dan distribusi adalah satu dan sama. Mari kita periksa contoh penjualan produk (mis., Perangkat lunak) melalui Internet:

Perangkat lunak ditulis pada komputer menggunakan bahasa pemrograman – manipulasi bit elektronik dalam lingkungan virtual. Dengan demikian, produk (= perangkat lunak), proses produksi (= bahasa pemrograman), bahan baku (algoritma mental diterjemahkan ke bit elektronik) dan saluran pemasaran dan distribusi (bit stream elektronik Internet) – mereka semua terbuat dari elemen dan komponen yang sama.

Inilah mengapa teknologinya sangat murah. Inilah sebabnya mengapa produk-produk Revolusi yang akan datang akan disebarluaskan dengan begitu mudah. Untuk memproduksi dan mendistribusikan akan menjadi biasa – bukan misterius – operasi.

(3) Hanya beberapa leluhur kita yang dipengaruhi oleh Revolusi Pertanian. Hanya beberapa dari mereka yang dipengaruhi oleh Revolusi Industri. Secara bertahap, persentase penduduk yang bekerja lahan menurun dari lebih dari 60% menjadi kurang dari 3% (di Amerika Serikat, misalnya). Penurunan yang sama dapat dilihat di antara bagian populasi yang terlibat dalam industri.

Tetapi ini tidak terjadi dengan Revolusi ketiga:

Tidak ada satu pun manusia di bumi yang tidak dipengaruhi oleh Revolusi terbesar ketiga dari semua: Revolusi Informasi / Pengetahuan.

Kita semua terpapar radio, televisi, komputer, telepon seluler, Internet. Produk dan layanan ini menjadi lebih murah dan tersedia serta dapat diakses setiap bulan. Revolusi baru serba meluas dan serba mencakup.

(4) Semua karakteristik di atas membawa bentuk baru pembangunan ekonomi: tidak terpusat, bernilai tambah tinggi, cepat berkembang dengan siklus bisnis yang cepat. Ini adalah fase non-merkantilis, non-kolonial pertama dalam sejarah manusia. Semua kegiatan ekonomi di masa lalu dicirikan oleh impor produk mentah dengan harga rendah dari pasar yang sama yang menyerap produk akhir (yang dihasilkan dari bahan baku tersebut) dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Bentuk eksploitasi ini secara bertahap akan menjadi tidak mungkin. Hari ini, tidak lagi penting di mana barang diproduksi. Garis demarkasi antara produk jadi dan bahan mentah begitu kabur (bahkan di mana produk industri kuno yang bersangkutan) – bahwa perbedaan lama antara “penjajah” dan “koloni” telah menghilang.

Ini memegang janji besar bagi negara-negara berkembang dan kurang berkembang.

Di masa lalu (dekat), mereka akan membutuhkan sejumlah besar modal dan sumber daya non-moneter lainnya untuk menyamakan diri mereka dengan bagian Dunia yang lebih maju. Saat ini, investasi jauh lebih sedikit dibutuhkan untuk mencapai hasil yang sama. Dunia akhirnya menjadi apa yang dikatakan oleh media Barat, Marshall McLuhan menyebut: “The Global Village”. Itu kurang penting DI MANA Anda – itu lebih penting APA yang Anda pikirkan. Premi ekonomi global ditempatkan pada inovasi, kreativitas, improvisasi dan semangat kewirausahaan.

Ini – komoditas mental baru – berlimpah dan sama-sama tersedia bagi semua negara di dunia: miskin dan kaya, di luar pusat dan di pusat, dikembangkan, berkembang dan kurang berkembang.

Konsepsi ekonomi lama dari evolusi: dari pertanian ke industri ke ekonomi jasa sedang digantikan. Generasi baru pemikiran ekonomi mendorong negara-negara – seperti Makedonia – untuk bergerak langsung dari fase Pertanian ke Gelombang Ketiga: yaitu industri Informasi dan Pengetahuan. Macedonia dapat mengakomodasi berbagai jenis industri ini dengan lebih baik: mereka terjangkau, mudah diakses, mudah dimengerti dan diimplementasikan, sangat menguntungkan, terus berkembang dan maju.

Makedonia tidak akan menjadi negara pertama yang menerapkan kebijakan berani melompat ke depan dan melewati tahap Industri – langsung ke era Informasi. Israel telah melakukannya sebelumnya dan begitu juga Swiss, Hong-Kong, Singapura dan (sampai tingkat tertentu dan ragu-ragu) India. Semua negara ini secara alami kurang beruntung. Beberapa dari mereka hanya padang pasir, yang lain terisolasi, pulau tandus atau sangat kelebihan penduduk. Tetapi mereka semua berhasil terlibat dalam revolusi yang sedang berlangsung. Semua dari mereka (dengan pengecualian India yang merupakan pendatang baru, setengah hati,) memiliki GNP per kapita tertinggi di dunia.

Perjudian telah terbayar.

Tetapi ada manfaat sampingan yang menarik untuk pilihan semacam itu.

Pergeseran dari industri ke teknologi informasi dan industri pengetahuan – adalah pergeseran dari berurusan dengan realitas untuk berurusan dengan simbol. Teknik yang digunakan untuk memanipulasi simbol adalah sama – tidak peduli apa simbolnya. Jika suatu negara berhasil mengembangkan operator simbol yang terlatih – mereka akan tahu bagaimana memanipulasi, mengoperasikan dan mengubah simbol apa pun.

Ini juga benar ketika datang ke simbol terbesar dari semua: ke Uang.

Uang – seperti yang kita semua tahu – adalah simbol. Ini merupakan kesepakatan yang dicapai di antara anggota sekelompok orang. Ia tidak memiliki nilai intrinsik. Teknik yang sama yang digunakan untuk manipulasi informasi dapat dengan mudah diterapkan pada manipulasi simbol yang disebut uang.

LEBIH BANYAK MENYETUJUI NEGARA ADALAH MENGUBAH SIMBOL (= INFORMASI) – LEBIH BANYAK MENYETUJUINYA DALAM TRANSAKSI KEUANGAN DARI SEMUA JENIS. Hal ini lebih mungkin untuk menarik investasi, untuk mengembangkan bursa saham dan pasar uang yang berkembang, untuk melatih para profesional muda, untuk berdagang dan secara umum: untuk terjerat dalam struktur ekonomi internasional modern.