Vinyl Lantai Rumah Sakit – Gedung atau bangunan yang berhubungan dengan pelayanan medis mempunyai aturan tersendiri dalam pembangunannya, termasuk interiornya. Salah satunya adalah dalam penggunaan lantainya. Khusus untuk ruangan tertentu, seperti ruangan operasi memang harus menggunakan vinyl lantai rumah sakit.

Umumnya bahan tersebut dijual dalam bentuk gulungan atau roll sehingga sering pula disebut sebagai lantai vinyl roll. Dibandingkan jenis vinyl yang lain, vinyl flooring khusus untuk rumah sakit ini mempunyai karakter tersendiri, yaitu dilengkapi fitur anti bakteri, lebih tebal dibandingkan pelapis lantai biasa, bahan dasarnya harus solid, mudah dalam perawatan, higienis dan bebas rayap.

Mengenal Jenis Vinyl Lantai Rumah Sakit

Bahan vinyl ini dapat digunakan di seluruh penjuru rumah sakit, puskesmas, klinik, atau pusat kesehatan lainnya, mulai dari koridor, ruang ICU dan NICU, ruang operasi, ruang OK, kamar perawatan bayi, dan lain-lain.

Jenis pelapis lantai ini juga cocok digunakan untuk lantai laboratorium, sekolah, mall, hingga perkantoran dan perumahan. Namun, ada beberapa jenis lantai vinyl roll yang memang khusus digunakan untuk rumah sakit. Berikut ini adalah beberapa brand vinyl pelapis lantai terbaik untuk menambah wawasan Anda.

1. LG Medistep Origin

Tersedia dengan ukuran 2m X 20m dengan ketebalan 2mm, pelapis lantai vinyl roll ini sudah sangat umum digunakan mulai dari rumah sakit internasional hingga rumah sakit dalam negeri. Alasannya tentu karena kualitasnya yang jempolan.

Selain tahan bertahun-tahun LG Medistep Origin juga dilengkapi fitur anti jamur, bakteri, serta anti static. Inilah sebabnya vinyl flooring ini sangat disarankan untuk melengkapi ruang operasi.

Dari segi perawatan tipe vinyl roll yang satu ini juga cukup mudah, karena permukaannya yang anti noda, bahkan untuk jenis yang membandel seperti darah, bethadine, dan bahan kimia lainnya. Terkait fitur anti staticnya, pelapis lantai ini sangat cocok diaplikasikan pada ruang server untuk meredam arus pendek.

2. LG Hausys Medistep Space

Dari penamaannya Anda tentu dapat menduga bahwa jenis vinyl flooring yang satu ini sangat disarankan untuk diaplikasikan pada gedung pelayanan medis. Meskipun demikian tak salah juga jika menggunakan vinyl lantai rumah sakit ini untuk gedung-gedung lainnya, misalnya laboratorium, sekolah, hall, dan lain-lain.

Permukaan vinyl ini dirancang sedemikian rupa sehingga tak mudah dihinggapi kotoran dan debu serta anti noda darah dan bahan kimia. Dengan begitu dari segi pemeliharaan juga menjadi lebih mudah, termasuk turut menjaga kebersihan ruangan dan perangkat medis di dalamnya. Keunggulan lain dari bahan ini adalah harganya bersahabat untuk menghemat budget pengadaan Anda.

3. LG Hausys Medistep Allroad

Selain sanggup memenuhi fitur-fitur standar sebagai pelapis lantai anti bakteri untuk rumah sakit dan pusat layanan medis lainnya, LG Hausys Medistep Allroad juga mampu berkontribusi untuk menunjang keindahan interior bangunan.

Alasannya karena vinyl flooring ini tersedia dalam berbagai motif dan warna di pasaran. Karakter utama dari bahan homogeneous sheet ini adalah tahan gesekan dan beban, anti noda membandel, anti slip, anti static, dan mudah dibersihkan. Produk ini tersedia dalam bentuk gulungan atau roll dengan ukuran 2m X 20 m (40m2/roll) dengan ketebalan 2mm.