Tidak ada banyak layanan hosting web hijau di luar sana. Sepasang. Tetapi banyak perusahaan yang menyebut diri mereka “hijau” hanya dalam nama. Perusahaan yang disebut “hijau” ini sering membeli kredit energi dari perusahaan lain. Kredit energi seperti mata uang. Mereka dikeluarkan oleh pemerintah dan setiap perusahaan diberi sejumlah kredit hijau. Sejauh ini baik.

Namun, banyak perusahaan Pro dan Kontra dari Cloud Web Hosting mempertahankan jejak karbon rendah. Mereka tidak membutuhkan semua kredit yang mereka terima dari pemerintah dan, coba tebak? Mereka dapat menjual kredit energi ini di pasar terbuka ke perusahaan lain – beberapa di antaranya menyebut diri mereka “tuan rumah hijau” meskipun layanan hosting ini menyedot jus sebanyak yang pernah ada.

Ya, mereka secara teknis hijau tetapi dalam praktiknya, mereka masih berkontribusi terhadap polusi yang mempengaruhi kita semua. Jadi, apakah “tuan rumah hijau” itu? Ya, itu dimulai dengan nilai-nilai inti perusahaan.

Budaya Perusahaan Hijau. Kewarganegaraan perusahaan yang baik adalah bagian penting dari merek perusahaan mana pun. Itu sebabnya perusahaan-perusahaan besar mengasosiasikan diri mereka dengan badan amal, penggalangan dana, beasiswa dan tunjangan lain yang dikirim ke komunitas atau area layanan mereka. Ini hal yang baik. Orang-orang mendapat manfaat dari sumbangan uang tunai atau Web Hosting Murah Indonesia darah (bank darah korporat semakin populer) dan perusahaan yang mensponsori acara yang berpusat pada komunitas ini mengembangkan niat baik.

Itu hal yang baik. Tetapi banyak perusahaan memperluas upaya mereka dalam kewarganegaraan perusahaan yang baik dengan go green – menggunakan lebih sedikit energi dan mengecilkan jejak karbon mereka.

Untuk host web, ini adalah perubahan besar dalam budaya perusahaan. Host web menyedot energi lebih cepat daripada anak kecil yang mengisap goyang. Host web menggunakan rak demi rak server, yang masing-masing membutuhkan energi untuk mendapatkan situs web di luar sana ke W3. Jadi, membangun pendekatan hijau untuk budaya perusahaan adalah usaha besar untuk bisnis yang sangat bergantung pada listrik untuk melayani basis kliennya dan menjaga semua situs web yang dihosting di jalur 24/7/365. Server web tidak dimatikan. Mereka tidak pernah tidur.

Jadi, hal pertama yang harus dicari ketika memilih host hijau adalah membaca teks situs dengan hati-hati. Sebuah perusahaan dapat menyebut dirinya hijau dan masih memompa racun ke atmosfer – selama mereka telah membeli kredit karbon yang cukup dari perusahaan lain. Tuan rumah hijau asli tidak hanya bicara, ia berjalan dengan mengambil langkah-langkah untuk benar-benar mengecilkan jejak karbonnya dengan menggunakan lebih sedikit energi.

Server Energy Star Mulai dengan mengajukan pertanyaan. Pertanyaan pertama yang diajukan adalah, “Apakah server Anda” Energy Star “disetujui. Anda melihat simbol Energy Star pada peralatan seperti kompor dan mesin pencuci piring. Sekarang Anda melihatnya di komputer dan, ya, server yang tidak lebih dari hard besar drive.

Apakah host hijau Anda menggunakan server Energy Star yang disetujui? Harganya sedikit lebih mahal tetapi mereka menggunakan energi lebih sedikit. Dalam jangka panjang, perusahaan hosting benar-benar menghemat uang untuk biaya energi, tetapi motif di balik pembelian server Energy Star bukanlah pertimbangan keuangan.

Itu dibangun ke nilai-nilai inti dari host web hijau. Jadi, sebelum Anda menandatangani kontrak jangka panjang dengan host web, hubungi perusahaan (yang baik memberikan nomor bebas pulsa), bicarakan dengan perwakilan dan tanyakan apakah host tersebut mempekerjakan server Energy Star. Jika ya, Anda sedang berhadapan dengan perusahaan yang memberikan polusi sebelum menaikan keuntungan.

Pembangkitan Energi Pertanyaan berikutnya: bagaimana energi yang digunakan untuk memberi daya pada server perusahaan Anda dihasilkan? Jika Anda mendapatkan “ummm …. ahhhh …. hmmm,” lanjutkan. Green web host bangga dengan komitmen mereka terhadap lingkungan dan mereka akan dengan senang hati menjelaskan sumber energi yang digunakan untuk memberi daya pada server mereka.

Tuan rumah hijau sejati menggunakan sumber energi netral karbon – energi yang TIDAK dihasilkan oleh batubara tradisional atau tungku berbahan bakar gas dan generator tua yang sudah ketinggalan zaman. Sumber-sumber energi ini memompa berton-ton polutan ke udara, menjadikan udara lebih kotor dan kotor hari ini, besok dan sejauh mata memandang (atau tidak bisa melihat).

Turbin angin menghasilkan listrik yang mengubah angin menjadi energi listrik tanpa residu beracun. Sumber lain dari energi netral karbon termasuk tenaga surya, yang menjadi lebih efisien setiap hari dengan kemajuan dalam teknologi surya, dan sumber energi bumi inti-dalam yang menggunakan serangkaian panjang pipa untuk menghasilkan air hangat atau dingin alih-alih memanaskan atau mendinginkan air. cara kuno.

Hindari host web yang masih mengisap jus dari grid. Anda tidak mendapatkan apa-apa dan, pasti, generasi masa depan tidak mendapatkan apa-apa. Bahkan, dengan menggunakan perusahaan hosting hijau, Anda membuat pernyataan positif tentang nilai-nilai perusahaan bisnis Anda – Anda menghargai kesehatan dan kesejahteraan planet ini dan orang-orang yang tinggal di sini. Itu pernyataan yang kuat untuk dibuat, apakah Anda menjual perlengkapan kantor secara online atau pakaian di Main Street. Beri tahu dunia, beri tahu prospek Anda, bahwa Anda menghargai lingkungan yang lebih hijau dalam segala hal yang Anda lakukan.