pelancar asi alami – Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik untuk bayi karena mengandung enzim dan vitamin yang dibutuhkan sang anak. Agar selalu lancar, ada makanan penambah ASI yang bisa Ibu coba.

Adapun, ASI mengandung tyrosine, tryptophane, AA, DHA, ALA, IA dan KOLIN. Ada juga vitamin A, C, dan E, serta sialic acid. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan anak.

Berikut daftar makanan penambah ASI

1. Daun Katuk

Resep makanan pelancar ASI pertama adalah daun katuk. Makanan ini mengandung vitamin A, C, B, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna yang baik untuk menambah asi.

Cara membuatnya, rebus daun segenggam dan minum air rebusan sebagai minuman penambah ASI. Selain itu, daun katuk bisa juga langsung dimakan mentah, lalapan, atau dimasak sayur.

2. Bayam

Bayam memiliki mineral, vitamin, phytoestrogen yang diyakini bisa meningkatkan volume ASI. Selain itu, sayuran ini memiliki vitamin B yang membantu menyediakan produksi ASI, protein, thiamin, asam folat, dan kalsium, kalium.

Untuk mengonsumsinya, Ibu bisa menjadikan bayam menjadi berbagai aneka makanan, seperti sayur bayam, omelet bayam, botok bayam.

3. Daun Pepaya

Walaupun memiliki rasa yang pahit, daun pepaya memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang bisa melancarkan ASI. Daun ini juga bisa meningkatkan kekebalan dan sistem imun tubuh Ibu.

Daun pepaya bisa dikonsumsi dengan cara ditumis, dicampur dengan urap. Selain itu, daun juga bisa menjadi terapi pelancar asi dengan cara daun diremas dan diletakkan di atas api hingga layu, serta saat hangat diletakkan di payudara kecuali puting.