Cara Mudah Membersihkan Karpet Tanpa Vacuum Cleaner

Karpet yang kotor memang bisa sangat mengganggu. Tak hanya itu, kotoran yang menumpuk pada karpet bisa jadi memicu munculnya bakteri dan jamur.

Membersihkan karpet yang kotor memang sangat mudah jika memiliki alat pembersih seperti vacuum cleaner.

Namun, tanpa vacuum cleaner, karpet tetap bisa dibersihkan dengan bahan-bahan sederhana yang banyak tersedia di rumah dari globalkarpet.com.

1. Menggunakan sikat karpet

Untuk menghilangkan tanah, debu, dan polutan yang menempel pada karpet bisa dengan menggunakan sikat khusus karpet.

Setelah membersihkan seluruh bagian karpet dengan sikat karpet, lantai juga harus dibersihkan agar kotoran dan debu tidak mengotori karpet lagi.

2. Menggunakan cuka

Cuka tidak hanya bisa digunakan untuk masakan. Ternyata, cuka juga bisa bermanfaat untuk membersihkan karpet.

Peralatan yang dibutuhkan hanya ember, sikat, dan sedikit cuka putih. Cuka ini mampu bekerja dengan baik untuk menghilangkan lendir dan noda pada karpet.

Caranya sederhana, campurkan air sebanyak 1 ember dengan 1/4 cangkir cuka putih. Celupkan sikat ke dalam cairan tersebut dan gosok karpet hingga bersih.

3. Menggunakan baking soda

Baking soda merupakan produk yang ajaib karena bisa bermanfaat untuk banyak, salah satunya adalah membersihkan karpet.

Menggunakan baking soda adalah solusi yang murah dan mudah untuk membersihkan noda dan bau pada karpet.

Caranya, taburkan baking soda secukupnya di atas noda pada karpet. Basahi baking soda yang sudah ditabur dengan air panas, biarkan selama 3 jam, dan sikat baking soda hingga bersih.

4. Menggunakan garam

Selanjutnya, karpet yang kotor bisa bersih kembali dengan menggunakan garam. Buatlah larutan pembersih dari 1 cangkir cuka, 2 gelas air, 2 sendok teh garam, dan 15 tetes minyak esensial.

Campurkan bahan-bahan tersebut dan aduk hingga merata. Kemudian, celupkan sikat pada larutan yang telah dibuat dan gosokkan pada karpet hingga bersih.

Membersihkan karpet ini harus dilakukan secara rutin agar kotoran tidak terlalu menumpuk hingga menyisakan noda dan bau yang sulit dihilangkan.

Leave a Comment