Buka Rekening Online Mandiri Syariah – Bekerja di rumah memang kelihatan mengasyikkan karena kerjanya santai, bisa sambil jalan-jalan, mengasuh anak, dan mengurus hal lainnya. Namun disadari atau tidak, kerja di rumah justru menuntut kita untuk pandai-pandai mengatur waktu dan menjaga profesionalisme agar mampu menghasilkan kinerja yang memuaskan.

Banyak dari pekerja yang bekerja di rumah justru kelabakan mengatur waktu kerja karena sebagian besar waktunya justru tersita untuk mengerjakan tugas-tugas domestik atau hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Akibatnya, produktivitas kerja bukannya meningkat tetapi justru merosot.

Bekerja di rumah membutuhkan kedisiplinan yang tinggi dan kemampuan untuk memilah tugas-tugas yang lebih prioritas untuk dikerjakan. Intinya, pekerjaan harus menjadi prioritas meski dikerjakan di rumah. Bukan sebaliknya, pekerjaan menjadi urusan yang paling belakang untuk dikerjakan dan diselesaikan. Jika prinsip yang diterapkan demikian, maka bekerja di rumah tidak akan membawa perubahan pada kualitas dan kinerja yang semakin baik, tetapi justru menjadi buruk.

Produktivitas menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan dan terus ditingkatkan meski bekerja di rumah. Dengan bekerja di rumah, Anda ditantang untuk menjadi ‘bos’ bagi diri sendiri yang mengatur segala sesuatunya agar pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu, mulai dari pengaturan jam kerja, keseriusan atau disiplin kerja, hingga produktivitas kerja.

Lantas, bagaimana caranya meningkatkan produktivitas saat bekerja di rumah? Cobalah ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Memulai aktivitas dengan semangat

Bekerja dari rumah bukan berarti menjadi alasan untuk bermalas-malasan dan menunda pekerjaan. Mulailah hari Anda dengan penuh semangat. Bangun pagi, mandi, sarapan, dan pakailah pakaian santai selain piyama. Nikmati suasana pagi yang cerah dan hirup udara pagi yang segar sehingga otak memiliki cukup oksigen untuk berpikir dan menemukan ide cemerlang.

Cara Anda memperlakukan diri sendiri mencerminkan pikiran Anda. Jadilah baik untuk diri sendiri sehingga akan tervisualisasi dalam komunikasi yang baik pula. Perlu disadari bahwa ketika Anda bekerja di rumah, Anda hanya bisa mengandalkan suara dan nada. Artinya, segala bentuk interaksi dan komunikasi dengan pimpinan atau rekan kerja hanya bisa dilakukan melalui telepon dan pesan instan. Oleh sebab itu, pastikan alat komunikasi Anda senantiasa aktif agar proses komunikasi dan interaksi mudah dilakukan, di mana setiap pesan dan panggilan telepon yang masuk bisa direspon dengan cepat.

  • Menciptakan ruang kerja khusus

Meski bekerja di rumah, Anda perlu menciptakan ruang kerja khusus yang digunakan sebagai tempat Anda mengerjakan dan menyimpan segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan Anda, seperti berkas-berkas, catatan penting, dan lain sebagainya. Jika rumah Anda memiliki luas yang terbatas, setidaknya Anda memiliki meja kerja khusus yang dilengkapi dengan laci untuk menyimpan peralatan dan dokumen Anda.

Pentingnya ruang atau meja kerja khusus ini, agar Anda dapat lebih fokus melakukan pekerjaan tanpa terganggu dengan kehilangan barang-barang yang dibutuhkan, seperti peralatan tulis, berkas atau dokumen, dan lainnya. Selain itu, agar Anda dapat melakukan pekerjaan secara rapi tanpa mengacak-acak seisi rumah.

Anda tentu tidak ingin jika berkas-berkas dokumen pekerjaan Anda berserakan di setiap ruangan rumah, entah ruang tamu, ruang keluarga, bahkan ruang tidur Anda. Dengan adanya ruang atau meja kerja khusus, maka risiko kehilangan berkas penting dari pekerjaan Anda dapat diminimalisir bahkan dihindari. Dengan demikian, Anda bisa fokus pada pengerjaan proyek-proyek strategis dalam pekerjaan Anda.

  • Menyediakan headset peredam suara

Bekerja di rumah bukan berarti Anda bekerja sendiri. Ada kalanya Anda harus berinteraksi dan berkomunikasi dengan pimpinan, rekan kerja, atau kolega bisnis. Untuk berkomunikasi tersebut, Anda tentu mengandalkan percakapan telepon, chatting, dengan mobile banking mandiri