Cara Ampuh untuk Membersihkan Keramik Kusam

Keramik terlihat kusam? Jangan terburu-buru mengganti dengan yang baru, karena keramik kusam juga bisa disebabkan oleh kotoran yang mengendap, barang yang diletakkan di atas keramik dalam waktu lama, juga faktor usia. Nah, ada beberapa cara membersihkan keramik kusam yang bisa Anda terapkan dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Cara ini pun mudah dan praktis lho. Mau tahu bahan apa saja yang bisa dipakai untuk kembali membuat keramik menjadi mengkilap? Berikut daftarnya dari www.muliaceramics.com.

1. Gunakan Larutan Cuka

Bahan pertama yang bisa Anda gunakan untuk membuat keramik kembali mengkilap adalah cuka. Bahan memasak ini tentunya ada di dapur Anda bukan? Bahan yang sangat serbaguna ini bisa membuat keramik yang kusam menjadi bersih dan mengkilap kembali seperti baru. Cara menggunakannya pun mudah, hanya dengan menuangkan cuka putih secukupnya di atas keramik yang kusam.

Diamkan selama 15 menit, lalu gunakan kain kering untuk menggosok keramik tersebut. Setelah selesai, lanjutkan dengan membersihkan keramik menggunakan cairan pembersih lantai atau sabun cair pencuci piring untuk menghilangkan aroma cuka yang cukup kuat.

2. Taburkan Tepung Terigu

Salah satu penyebab keramik kusam adalah noda minyak. Nah, tempat yang paling rentan terkena minyak adalah dapur. Jika lantai dan dinding dapur Anda dilapisi dengan keramik, maka kemungkinan besar keramik Anda lama kelamaan akan kusam dan penuh noda minyak. Cara membersihkan keramik yang kusam akibat noda minyak adalah dengan menggunakan tepung terigu.

Taburkan tepung terigu di keramik berminyak dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, bersihkan sisa terigu dan noda minyak dengan kain lap. Untuk lantai, Anda bisa mengepelnya menggunakan larutan air dan campuran pembersih. Sementara keramik dinding bisa dibersihkan menggunakan spons cuci piring yang dicelupkan di larutan sabun cair.

3. Bersihkan Noda dengan Kaporit

Kaporit biasanya digunakan untuk menjernihkan air. Namun ternyata, kaporit juga bisa lho digunakan untuk membersihkan keramik yang terlihat kusam. Caranya cukup dengan menaburkan kaporit di atas keramik dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas keramik dengan air bersih. Untuk menghilangkan noda yang melekat, gosok keramik menggunakan sikat sambil dibilas dengan air bersih. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali hingga keramik terlihat kembali mengkilap.

Leave a Comment