Begini Tips Diet Sehat untuk Turunkan Badan

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita – Upaya menurunkan berat badan telah memunculkan banyak ragam diet, yang tak jarang membuat orang bingung akan hal tersebut. Lantas seperti apa cara yang baik dalam menurunkan berat badan? Dokter Spesialis Gizi Klinis Juwalita Surapsari menuturkan bahwa istilah diet berasal dari bahasa Yunani, diatia yang berarti cara hidup. Secara lebih general, diet diartikan sebagai pengaturan pola makan. Jadi, bicara soal diet sebenarnya tak melulu membahasB soal penurunan berat badan. Ada juga diet dengan tujuan kontrol gula darah, diet untuk mengontrol kolesterol, dan lain sebagainya. Intinya, diet merupakan upaya pengaturan pola makan tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.

Praktis, Juwalita mencontohkan bagi orang yang biasanya makan nasi sebanyak dua centong, bisa dikurangi dulu setidaknya seperempat dari porsi biasanya. Dengan begitu, kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan berkurang. Dia juga mengingatkan perlunya masyarakat memilih makanan dengan cermat. Menurutnya, makanan yang perlu dihindari adalah makanan olahan atau makanan proses seperti yang digoreng. Pasalnya, konsumsi makanan seperti itu memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi, dibandingkan makanan yang diolah lebih alami.

Dalam proses pemilihan makanan untuk penurunan berat badan, masyarakat perlu juga mengetahui perihal kepadatan energi. Makanan olahan biasanya memiliki kepadatan energi tinggi, sementara buah dan sayur merupakan contoh makanan dengan kepadatan energi rendah.

Dengan demikian, makanan yang baik untuk dikonsumsi dalam rangka penurunan berat badan adalah makanan dengan kepadatan energi yang rendah tapi memiliki nilai nutrisi yang tinggi. Juwalita mencontohkan, untuk kategori atau jenis makanan karbohidrat, masyarakat bisa mengonsumsi nasi merah atau hitam dibandingkan dengan nasi putih, yang serat dan mineralnya lebih rendah. Selain konsumsi nasi, disarankan juga memilih jenis makanan seperti umbi-umbian sebagai alternatif karbohidrat.

Leave a Comment