Kemajuan skin care terkadang membuat kita bingung harus memulai dari mana dan harus membeli produk yang mana. Kita pun mungkin merasa tertinggal saat orang lain melakukan tujuh tahapan perawatan wajah, atau menggunakan produk, seperti essence, sabun cuci muka, face mist, serta tiga serum wajah sekaligus pada malam hari.

Sebenarnya kekhawatiran itu tidak perlu karena cara merawat wajah harus dikembalikan pada hal-hal yang mendasar, yang memang wajib dilakukan setiap hari dan disarankan dilakukan setiap minggu. Lalu, apa yang seharusnya kita lakukan untuk mendapatkan wajah yang sehat, cerah, dan glowing tanpa harus bertele-tele? Perawatan wajah harian Untuk skala harian, cara merawat wajah mendasar berikut inilah yang perlu diterapkan:

1. Gunakan pembersih yang lembut setiap malam

Banyak orang yang ternyata cocok membersihkan wajah menggunakan cleanser satu kali sehari. Jika kamu termasuk kelompok tersebut, kamu disarankan untuk melakukannya pada malam hari sebelum tidur agar sisa sunscreen, kosmetik, minyak, dan bakteri dapat tersingkirkan. Pilihlah pembersih wajah yang lembut dan tidak mengiritasi kulit. Apabila wajah tidak dapat menerima pembersih wajah yang berbusa, cobalah beralih pada cleanser yang tidak berbusa.

2. Coba terapkan double cleansing

Dalam membersihkan wajah di malam hari, kamu dapat mencoba menerapkan double cleansing. Artinya, membersihkan wajah dilakukan dengan dua tahap: menggunakan cleansing oil atau micellar water, kemudian dilanjutkan dengan pembersih wajah yang lembut. Penerapan double cleansing semakin disukai banyak orang karena sabun pembersih wajah saja dirasa tidak cukup untuk membersihkan kotoran di wajah.

3. Jangan lupakan sunscreen

Banyak orang terlalu sibuk menggunakan produk skincare seperti toner atau serum, namun melupakan bagian yang paling penting: sunscreen atau tabir surya. Padahal, penggunaan sunscreen setiap hari sifatnya wajib untuk melindungi kulit dari sinar UV. Paparan sinar UV dapat memicu penuaan kulit, peradangan, bintik hitam, kerutan, bahkan kanker kulit. Kamu bisa mencari produk sunscreen yang memiliki SPF minimal 30. Tak lupa, pilihlah produk yang memiliki label broad spectrum atau memiliki keunggulan melindungi kulit dari UVA dan UVB sekaligus. Walau lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, penggunaan tabir surya tetap perlu dilakukan. Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang sunscreen secara berkala. Jika kamu lebih banyak berada di luar rumah, pengaplikasian ulang bisa dilakukan setiap 2 jam sekali.

4. Aplikasikan pelembap

Untuk menutup rangkaian produk perawatan kulit, jangan lupa mengaplikasikan produk pelembap wajah. Menggunakan pelembap juga menjadi kewajiban, terlepas apa pun jenis kulit kita. Berikut ini beberapa tips memilih produk pelembap berdasarkan jenis kulit: Kulit kering: Pelembap yang berbahan dasar minyak Kulit berminyak: Pelembap yang berbahan dasar air dan cenderung ringan Kulit kombinasi: Pelembap yang berbahan dasar air dan cenderung ringan Kulit sensitif: Pelembap dengan kandungan yang menenangkan kulit, seperti aloe vera Kulit yang sudah terjaga dengan baik: Pelembap berbahan dasar minyak untuk mengunci kelembapan