Pondok Indah Medical Centre PIMC – Musim hujan sudah tiba. Saatnya Moms, menjaga kesehatan anak dengan memberikan asupan nutrisi serta vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil. Beberapa ramuan tradisional yang berasal dari bahan-bahan yang alami ini bisa Moms dapatkan di dapur bisa menyembuhkan batuk dan pilek pada anak.

Madu

Moms, pasti sering mendengar tentang khasiat madu. Ya, madu memang sudah tidak diragukan lagi untuk membantu menjaga stamina dan menyembuhkan batuk serta pilek pada anak. Apalagi di musim hujan seperti ini, Moms, bisa memberikan satu sendok teh madu sebelum tidur. Madu bisa membantu anak tidur lebih nyenyak. Namun, madu tidak direkomendasikan untuk bayi dibawah usia satu tahun, ya.

Jahe

Jahe bisa memberikan rasa hangat ketika anak mengalami batuk. Moms, bisa membuat air jahe dengan cara mudah yaitu merebus jahe dengan air putih sebanyak satu gelas. Tambahkan gula atau madu untuk memberikan rasa manis, untuk memberikan rasa manis. Air jahe dipercaya bisa meredakan batuk kering atau batuk berdahak. Rasa hangat air jahe akan membantu proses penyembuhan secara alami dan Moms bisa memberikan 1-2 sehari saat anak sakit.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung allion dan allicin yang mampu melawan virus yang menyebabkan flu. Karena itu bawang putih direkomendasikan untuk menyembuhkan flu. Moms, bisa membuat sup ayam dengan bawang putih. Untuk hasil maksimal, sebaiknya bawang putih dimakan oleh anak.

Bawang Merah

Pada umumnya batuk dan pilek yang diderita anak disertai demam. Moms, kamu bisa memanfaatkan bawang merah yang ada di dapur. Untuk memberikan rasa hangat di tubuh, Moms bisa mencampurkan parutan bawang merah dengan minyak telon. Lalu, balurkan parutan bawang merah ke seluruh punggung anak sambil diberikan pijatan lembut. Selain punggung, balurkan juga bawang merah ke bagian leher untuk melegakan tenggorokan anak.

Jeruk Nipis

Boleh nggak sih memberikan jeruk nipis saat anak batuk? Moms, jangan khawatir jeruk nipis ternyata juga aman kok dikonsumsi oleh anak yang sedang menderita batuk berdahak. Cara, satu sendok teh perasaan jeruk nipis ditambahkan dengan madu kemudian diaduk dengan air hangat. Saran untuk Moms, pastikan sebelum minum ramuan tradisional jeruk nipis, anak sudah makan. Dan berikan takaran jeruk nipis hanya ½-1 sendok teh saja untuk anak usia satu tahun ke atas.