Modal merupakan salah satu usaha rumahan yang lagi trend tersulit dalam memulai bisnis. Banyak pengusaha mencari tahu di mana mendapatkan modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis cara budidaya jamur tiram.

Apalagi jika tidak memiliki tabungan atau semacamnya, memulai bisnis akan terasa sulit.

Percaya atau tidak, ada opsi pembiayaan selain pinjaman dan kartu kredit bagi seseorang yang bekerja dengan anggaran bootstrap . Jelajahi keempat opsi ini untuk memutuskan mana cara terbaik untuk mendanai bisnis dengan modal awal yang sangat sedikit.

Dilansir dari The Balance Small Business, Jakarta, Sabtu (27/2/2021), berikut empat penjelasan bagaimana mendapat modal untuk menjalankan bisnis dengan konsep anggaran bootstrap.

1. Tampil Minimalis

Mulailah dengan membuat daftar semua potensi biaya awal, kemudian temukan alternatif yang lebih murah. Pada tahap awal seseorang mungkin terkejut betapa banyak pengeluaran yang dapat dipotong atau setidaknya tunda sampai menghasilkan beberapa penjualan.

Baca Juga: Kisah Inspiratif! Nur Jadi Pengusaha Donat dari BLT PKH

Kemudian jangan mengabaikan kekuatan teknologi. Ada banyak cara untuk mengurangi biaya awal dalam bisnis dan melakukan lebih banyak hal dengan lebih sedikit menggunakan teknologi.

2. Bermitra

Jika telah mendekati bisnis baru sebagai usaha solo, mungkin ingin menjelajahi untuk mengembangkan kemitraan.

Bekerja sama dengan kolega tidak hanya dapat menggandakan tenaga kerja, tetapi juga dapat membantu menyediakan produk dan layanan baru dan pelengkap ke pasar sasaran yang ada. Seseorang bahkan mungkin menemukan bahwa itu akan membantu masuk ke ceruk baru.

Sebelum menjalin kemitraan, pastikan meluangkan waktu untuk meneliti calon mitra untuk memastikan dia cocok dengan kebutuhan, memiliki reputasi positif, dan dapat berkomitmen pada kemitraan tersebut. Lalu, pastikan bekerja juga dengan pengacara untuk membuat kontrak yang menguraikan syarat dan ketentuan kemitraan sebelum memulainya.

3. Mengajukan Hibah Bisnis Kecil

Hibah usaha kecil tersedia dari sejumlah sumber, termasuk pemerintah dan kelompok swasta. Meskipun proses aplikasi hibah dapat memakan waktu, mulai dari menemukan peluang hibah yang relevan sampai melakukan penelitian tentang peluang dan persyaratan khusus, hingga menginvestasikan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan dan mengirimkan aplikasi, itu akan sangat bermanfaat jika memenangkan penghargaan.

4. Dapatkan Crowdfunded

Crowdfunding adalah ketika bisnis, organisasi, atau individu meminta sumbangan dan dukungan moneter dari masyarakat umum untuk suatu proyek. Tidak seperti pinjaman peer-to-peer, crowdfunding merupakan bentuk keuangan mikro yang tidak membutuhkan pembayaran kembali.

Sering kali, organisasi yang dimaksud akan memberikan fasilitas lain, seperti produk gratis atau diskon, sebagai ucapan terima kasih atas donasinya, tetapi persyaratan ini dapat sangat bervariasi.

Jika opsi ini tidak berhasil, menjelajahi pinjaman usaha kecil, investor modal ventura, dan pembiayaan utang dapat dilakukan. Hal terpenting untuk diingat adalah melakukan riset sehingga tidak akan kehilangan waktu, dan uang karena ketidaksiapan.