Yang Anda Perlu Tahu Tentang ZAKAT

MAKNA ZAKAT

Zakat yaitu harta yang harus di keluarkan jika sudah penuhi prasyarat – prasyarat yang sudah ditetapkan oleh agama, serta disalurkan pada orang–orang yang sudah ditetapkan juga, yakni delapan kelompok yang memiliki hak terima zakat seperti yang terdaftar dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 60 :

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanya untuk beberapa orang fakir, beberapa orang miskin, pengurus-pengurus (amil) zakat, beberapa mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk budak, beberapa orang yang berhutang, untuk jalan Allah serta buat mereka yuang tengah dalam perjalanan, jadi satu ketentuan yang diharuskan Allah, serta Allah Maha Ketahui sekali lagi Maha Bijaksana. ”

Zakat dalam bhs Arab memiliki sebagian arti :

Pertama, zakat berarti At-Thohuru, yang berarti bersihkan atau mensucikan. Arti ini menyatakan kalau orang yang senantiasa menunaikan zakat karna Allah serta bukanlah karna menginginkan dipuji manusia, Allah juga akan bersihkan serta mensucikan baik hartanya ataupun jiwanya. Allah SWT berfirman dalam surat At-Taubah ayat 103 :

“Ambillah zakat dari beberapa harta mereka, dengan zakat itu anda bersihkan serta mensucikan mereka serta mendo’alah buat mereka. zakat fitrah dengan uang Sebenarnya do’a anda itu ketenteraman jiwa untuk mereka. Serta Allah Maha Mendengar sekali lagi Maha Ketahui. ”

Ke-2, zakat berarti Al-Barakatu, yang berarti barokah. Arti ini menyatakan kalau orang yang senantiasa membayar zakat, hartanya juga akan senantiasa dilimpahkan keberkahan oleh Allah SWT, lalu keberkahan harta ini juga akan beresiko pada keberkahan tidak mati. Keberkahan ini lahir karna harta yang kita pakai yaitu harta yang suci serta bersih, sebab harta kita sudah dibikin bersih dari kotoran dengan menunaikan zakat yang hakekatnya zakat tersebut berperan untuk bersihkan serta mensucikan harta.

Ke-3, zakat berarti An-Numuw, yang berarti tumbuh serta berkembang. Arti ini menyatakan kalau orang yang senantiasa menunaikan zakat, hartanya (dengan izin Allah) juga akan senantiasa selalu tumbuh serta berkembang. Hal semacam ini dikarenakan oleh kesucian serta keberkahan harta yang sudah dikerjakan keharusan zakatnya. Pasti kita tidak sempat mendengar orang yang senantiasa menunaikan zakat dengan ikhlas karna Allah, lalu banyak alami problem dalam harta serta usahanya, baik itu kebangkrutan, kehancuran, kerugian usaha, serta beda sebagainya. Pasti kita tidak sempat mendengar hal sesuai sama itu, yang ada bahkan juga demikian sebaliknya.

Menurut pengetahuan Allah yang Maha Pemberi rizki, zakat yang kita mengeluarkan tidak kurangi harta kita, bahkan juga menaikkan harta kita dengan berlipat-lipat. Allah SWT berfirman dalam surat Ar-Rum ayat 39 :

“Dan suatu hal riba yang anda beri supaya dia jadi bertambah pada harta manusia, jadi riba itu tidak menaikkan pada bagian Allah. Serta apa yang anda beri berbentuk zakat yang anda maksudkan untuk menjangkau keridhaan Allah, jadi tersebut beberapa orang yang melipat gandakan. ”

Dalam ayat ini Allah berfirman mengenai zakat yang terlebih dulu didahului dengan firman mengenai riba. Dengan ayat ini Allah Maha Pemberi Rizki menyatakan kalau riba akan tidak sempat melipat gandakan harta manusia, yang sesungguhnya bisa melipat gandakannya yaitu dengan menunaikan zakat.

Ke-4, zakat berarti As-Sholahu, yang berarti beres atau keberesan, yakni kalau orang orang yang senantiasa menunaikan zakat, hartanya juga akan senantiasa beres serta jauh dari problem. Orang yang dalam hartanya senantiasa ditimpa musibah atau problem, umpamanya kebangkrutan, kecurian, kerampokan, hilang, serta beda sebagainya bisa jadi karna mereka senantiasa melalaikan zakat yang disebut keharusan mereka serta hak fakir miskin bersama kelompok yang lain yang sudah Allah katakan dalam Al – Qur’an

HIKMAH ZAKAT

Hikmah dari zakat diantaranya :

Kurangi kesenjangan sosial pada mereka yang ada dengan mereka yang miskin.
Pilar amal jama’i pada mereka yang ada dengan beberapa mujahid serta da’i yang berjuang serta berda’wah dalam rencana meninggikan kalimat Allah SWT.
Bersihkan serta mengikis akhlak yang buruk
Alat pembersih harta serta penjagaan dari ketamakan orang jahat.
Ungkapan rasa sukur atas nikmat yang Allah SWT beri
Untuk pengembangan potensi ummat
Support moral pada orang yang baru masuk Islam
Menaikkan pendapatan negara untuk sebagian project yang bermanfaat untuk ummat.

Leave a Reply