Situ Bagendit, Tempat Wisata Indah Garut dengan Asal Usul yang Menarik

Kalau mau pesan villa garut, hotel garut, guesthouse garut, atau paket wisata garut. Bisa langsung bbm atau wa ke Telp : 0812-8400-3992 WA : 0878-8112-2266 Pin BB : 59AE4052

Kota Garut, dikenal dengan berbagai objek wisata alamnya yang sangat eksotis. Hal ini didukung karena letak geografis Garut yang diapit oleh pegunungan dan juga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Salah satu objek wisata yang paling terkenal di kota Garut adalah Situ Bagendit. Lokasi wisata ini menjadi salah satu tempat wisata indah Garut yang banyak digemari oleh pengunjung dari luar maupun dalam kota. Situ Bagendit sendiri sangat dikenal dengan sejarah yang dipercaya oleh penduduk setempat menjadi asal susul dari terbentuknya sebuah danau yang memukau tersebut. Bagi anda wisatawan yang berkunjung ke Garut, tentunya akan sangat merugi apabila anda tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke danau indah di kota Garut yang satu ini.

Menurut penduduk setempat, danau Situ Bagendit sangatlah identik dengan legenda si Pelit, yaitu seorang janda yang kaya raya namun sangatlah pelit. Suatu hari nyai Endit mengadakan sebuah acara syukuran karena hartanya yang semakin melimpah dari waktu ke waktu. Dalam acara tersebut, datanglah seorang pengemis yang meminta-minta kepada nyai Endit. Namun Nyain Endit menolak dan mengusirnya mentah-mentah. Sehingga kemudian pengemis tersebut mengutuk nyai Endit dengan sebatang lidi yang membuat seluruh desa tempat nyai Endit tinggal terjadi banjir bandang. Dari situ;ah kemudian terbentuk danau yang sekarang dikenal dengan Situ Bagendit, yang terkenal sebagai wisata indah Garut.

Situ Bagendit kini dikelola oleh Bapak Anjan Sobari, dan status kepemilikannya tetap berada pada Dinas Pariwisata kota setempat. Situ Bagendit sendiri sangat dikenal dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Udaranya yang sangat sejuk dan bersih khas pegunungan, serta air yang jernih dan nuansa hijau yang berada di sekelilingnya. Selain itu di tempat wisata indah Garut yang satu ini pengunjung juga disuguhi dengan berbagai macam fasilitas yang sangat memuaskan seperti tempat parkir yang luas sehingga dapat menampung kendaraan para wisatawan, serta toilet umum yang sangat terawat. Selain itu di tempat ini juga anda dapat menemukan taman bermain serta tempat peribadatan mushola yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Leave a Reply