Murah Mana Antara Atap Genteng Dengan Atap Dak Beton

Bagi sebuah desain rumah, atap merupakan bagian penting yang memiliki peran penting untuk sebuah rumah sehingga dapat dikatakan layak huni. Pasalnya atap sebuah rumah dapat memberi rasa aman bagi orang yang tinggal di dalam rumah tersebut karena dapat melindungi dari berbagai gangguan dalam segala cuaca.

Sehingga karena melihat fungsi dan kegunaan dari atap bagi sebuah rumah, tak heran jika material atap juga harus kuat dan tahan dengan berbagai perubahan cuaca. Faktor kualitas dan kenyamanan pun menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Apalagi ada beragam jenis atap yang bisa diterapkan pada rumah. Di antara beberapa jenis atap yang banyak digunakan tersebut, ada jenis atap dari genteng dan atap dengan dak beton yang cukup populer dan banyak digunakan.

Masing-masing jenis atap tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Termasuk juga dalam hal harga dan biaya. Dari atap rumah dengan material genteng dan material atap dak beton, mana yang kira-kira lebih murah jika diaplikasikan pada rumah?

  • Berbeda dengan atap dak beton yang membutuhkan perhitungan jelas antara ukuran, kekuatan kolom dan pondasi yang digunakan, atap dengan material genteng tak membutuhkan konstruksi kolom serta pondasi yang sekuat atap dak beton. Atap rumah dengan genteng hanya perlu mengandalkan dinding bata, tanpa perlu mempertimbangkan faktor serumit dan sedetail atap dengan dak beton.
  • Dibanding atap rumah dengan genteng, pembuatan atap rumah dengan dak beton membutuhkan waktu yang lebih lama mengingat pembuatannya harus mempertimbangkan bekisting dan perancah perancah. Sehingga atap genteng pun lebih efisien dan praktis dalam perkiraan proses pembuatan dan waktu yang dibutuhkan untuk proses pengerjaannya.
  • Untuk pembongkaran atap dengan dak beton, tak bisa dilakukan sebelum umur dak beton tersebut mencapai 21 hari. Karena waktu ideal untuk melakukan pembongkaran dak beton sebaiknya menunggu hingga 28 hari.
  • Proses pengerjaan atap dak beton yang membutuhkan waktu dan tenaga lebih banyak, akan membuat biaya tukang pun menjadi lebih besar dibanding menggunakan atap genteng. Sehingga atap rumah dengan material genteng, dianggap lebih murah dibanding atap rumah dengan dak beton.

Leave a Reply