Manfaat Tanaman Pohon Trembesi

Manfaat Tanaman Pohon Trembesi – Pohon trembesi atau dalam bahasa latin Albizia zaman merupakan salah satu pohon yang berasal dari Amerika dan kini sudah menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Karakterisitik pohon ini adalah mempunyai batang yang besar dan tingginya bisa mencapai ukuran 20 hingga 30 meter.

Pohon trembesi ini juga mempunyai bunga sehingga akan menjadikannya indah pada bulan mei dan juni. Bunga pohon trembesi biasanya berwarna putih dan merah muda. Bunga tersebut akan menghasilkan nektar untuk penyerbukan bagi serangga.

Jual Bibit Trembesi

Manfaat Tanaman Pohon Trembesi

  • Pohon Peneduh

Pohon  ini bisa hidup hingga ratusan tahun, bentuknya yang seperti payung seringkali menjadi peneduh di lingkungan sekitar. Maka tak heran jika pohon ini banyak dijadikan sebagai pohon peneduh yang biasa di tanaman di tepi jalan kota-kota besar.

  • Banyak Menyerap Karbon dioksida

Karbon dioksida merupakan senyawa yang beracun bagi tubuh manusia apabila dihirup secara berlebihan. Jumlah karbon dioksida kini pun semakin bertambah, salah satu penyebabnya adalah banyak sekali pengendara montor.

Asap knalpot yang timbul dari motor akan mengandung karbon dioksida, disini pohon trembesi berperan untuk menyerap karbon dioksida di udara yang jauh lebih banyak dan lebih baik dibandingkan pohon-pohon besar lainnya.

Baca Juga : Manfaat dari Tanaman Pohon Palem Kenari

  • Obat Herbal

Salah satu bagian pohon trembesi yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah bijinya. Biji trembesi memiliki bentuk seperti kuaci yang bisa dijadikan sebagai obat pencuci perut.

Cara pemanfaatannya pun sangat mudah, hanya cukup seduh biji trembesi dengan air panas hingga larut, kemudian diminum saat masih hangat. Selain itu, ekstrak daun trembesi bermanfaat untuk dapat menghambat pertumbuhan mikorbakterium Tuberculosis, bakteri yang bisa menyebabkan penyakit TBC.

Begitu lah beberapa manfaat yang bisa di gunakan dari tanaman trembesi. Semoga bisa berguna bagi anda yang sedang mencari obat herbal atau yang membutuhkan trembesi untuk tanaman pohon peneduh.

Tanaman ini sangat cocok di gunakan untuk di tanam di pinggir pinggir jalan, karena bisa membuat jalanan menjadi lebih sejuk, rindang dan tentunya mengurangi pencemaran polusi karbon Monoksida atau polusi dari asap kendaraan bermotor.

Leave a Reply