Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

Kanker usus besar atau kanker kolon adalah jenis kanker yang menyerang usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia. Meskipun penyakit ini bisa terjadi pada segala usia, 90 persen penderitanya adalah orang-orang lansia di atas 60 tahun.

Hasil gambar untuk Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

Sebagian besar kasus kanker usus besar diawali dengan pembentukan gumpalan-gumpalan sel berukuran kecil yang disebut polip adenoma. Gumpalan ini kemudian menyebar secara tidak terkendali seiring waktu. Sekarang, kebiasaan diet dan gaya hidup tertentu dapat mencegah beberapa jenis kanker, seperti yang disarankan oleh para ahli dalam penelitian populer.

Dilansir dari laman Boldsky, Minggu (4/2/2018), ada sembilan jenis makanan yang ternyata dapat membantu mencegah kanker usus besar, yakni:

1. Biji Jinten

Biji jinten biasanya digunakan sebagai pelengkap bumbu pada masakan tertentu. Di India, biji jinten digunakan sebagai bahan ramuan pengobatan alamiah karena memiliki kemampuan untuk mengobati dan mencegah sejumlah penyakit.

Senyawa yang dikenal sebagai cuminaldehyde, yang hadir dalam jinten, dapat mencegah pertumbuhan dan perbanyakan sel kanker di usus, untuk mencegah kanker usus besar.

2. Jambu

Jambu adalah buah yang populer dan banyak disukai oleh masyarakat. Jambu kaya akan vitamin C sehingga memberi banyak manfaat kesehatan, meningkatkan metabolisme tubuh dan juga kekebalan tubuh serta memberi kesehatan pada kulit.

Selain itu, vitamin C pada jambu biji dapat membantu sel-sel usus melawan kanker, sehingga mencegah kanker usus besar.

3. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, daun mint, kangkung dan lain-lain, sarat dengan nutrisi kuat seperti antioksidan, zat besi, mineral dan vitamin. Antioksidan hadir dalam sayuran hijau sehingga memiliki kemampuan untuk mencegah perbanyakan abnormal sel kanker di usus, sehingga mencegah kanker usus besar.

4. Pisang

Pisang selain enak juga sangat sehat. Pisang kaya akan kandungan kalium, yang dapat memperbaiki fungsi metabolik, energi, mengobati depresi dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang secara teratur dapat membuat usus tetap sehat dan mencegah sakit maag dan kanker usus besar.

5. Okra atau Oyong

Oyong atau okra merupakan jenis sayuran yang biasanya di Indonesia diolah sebagai sayur bening. Oyong memiliki manfaat untuk mengobati masalah perut seperti gastritis, keasaman dan sembelit. Terkait dengan usus besar, enzim yang terkandung di dalam oyong dapat membantu mencegah penyakit kanker usus besar karena enzim ini memperkual sel-sel usus Anda, sehingga memungkinkan mereka untuk melawan kanker.

6. Ikan

Ikan kaya dengan berbagai nutrisi kuat seperti asam lemak omega-3 dan vitamin E, yang memiliki manfaat seperti membantu menurunkan berat badan, meningkatkan aktivitas otak dan metabolisme. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan seperti salmon, memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di payudara, usus besar dan beberapa bagian tubuh lainnya.

7. Yoghurt

Mengonsumsi secangkir yoghurt atau susu asam setiap hari dapat membuat Anda tetap sehat dalam banyak hal karena yoghurt memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Yoghurt memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di usus Anda, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan usus besar Anda.

Jadi, ketika usus besar Anda tetap sehat, risiko terkena kanker usus besar bisa diturunkan sampai batas tertentu.

8. Biji-bijian

Tidak ada salahnya jika Anda mulai menambahkan jumlah biji-bijian ke dalam menu makanan Anda sehari-hari, seperti beras merah, oatmeal dan jelai. Karena biji-bijian kaya akan kandungan serat dan dapat membuang racun dari usus Anda dengan mudah, sehingga mencegah kanker.

9. Kacang

Kacang kaya akan asam lemak omega-3 dan kandungan magnesium yang keduanya dapat mencegah pertumbuhan dan perbanyakan sel kanker di usus, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit kanker usus besar.

Leave a Reply