Macam-macam jenis atap rumah

Bagi sebuah desain rumah, atap merupakan salah satu bagian penting yang berfungsi untuk melindungi dan melengkapi rumah dari bahaya dan cuaca buruk di luar. Oleh karena itu bahan yang digunakan untuk membuat atap rumah juga harus dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi cuaca di Indonesia.

Sehingga atap tersebut nantinya dapat melindungi penghuni rumah dari panas saat matahari terik, juga dapat melindungi dari air hujan saat musim penghujan tiba.

Dari beberapa jenis atap yang bisa dijadikan pilihan untuk atap rumah di Indonesia, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang patut dipertimbangkan.

1. Atap Rumah Dari Genteng Tanah Liat

Atap rumah yang menggunakan bahan dasar genteng tanah liat merupakan jenis atap yang paling populer di Indonesia. Karena selain harganya yang tergolong murah, material atap genteng juga mudah didapatkan.
Hanya saja penggunaan atap rumah dengan bahan genteng akan rentan pecah jika sudah digunakan untuk waktu yang lama. Warna asli dari genteng juga akan memudar dan berubah menjadi kehitaman seiring dengan lamanya waktu pemakaian.

2. Atap Kayu Ulin

Berbahan dasar kayu, atap rumah ini biasanya digunakan untuk bangunan yang memiliki konsep temporer atau atap bangunan seperti pendopo. Mengingat kekokohan jenis atap kayu ulin, maka tak heran jika kayu ulin juga disebut sebagai kayu besi. Karena meski bentuknya sederhana, namun kayu ulin dapat menonjolkan kemewahan. Namun karena terbatasnya bahan yang digunakan, maka tak heran jika harganya pun mahal.

Baca juga: Murah Mana Atap Genteng Dengan Atap Dak Beton

3. Atap Seng

Atap seng merupakan pilihan material atap yang memiliki harga relatif murah. Namun karena memiliki bahan dasar seng, maka atap ini mudah berkarat, panas dan akan tampak kurang menarik bagi desain fasad sebuah rumah.

4. Atap Beton

Penggunaan atap beton belakangan cukup banyak diminati karena cocok untuk rumah bergaya minimalis dan mewah. Selain itu atap beton juga cukup tahan cuaca, serangga, kebakaran dan tidak mudah lapuk. Maka tak heran jika harganya pun mahal dan memiliki bobot yang cukup berat.

Leave a Reply