Lebih Sehat Dengan Multi Grain Rice

Meskipun martabak, piza, bakso, gorengan, kue bolu, donat, mie ayam telah dilahap serta masuk ke perut, tidak afdhol tuturnya bila tidak diperlengkapi dengan nasi. Jargon mesti makan nasi tidak terlepas dari fakta kalau nasi jadi satu diantara makanan pokok di Indonesia. Cikal-bakal nasi dengan kata lain beras, biasanya tumbuh subur di negeri ini. Pada th. 2009, Indonesia bahkan juga termasuk juga posisi tiga tertinggi produsen beras paling banyak didunia.Baca Juga

Serta bukan sekedar di Indonesia, beras bahkan juga didapuk jadi makanan pokok lebih dari 1/2 populasi dunia. Makanan dengan nama latin Oryza sativa atau Oryza glaberrima ini bukan sekedar jadi favorite karna rasa-rasanya yang lezat serta mengenyangkan, tapi juga karna nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Dalam 100 gr beras paling tidak ada 1. 527 kJ daya, 80 gr karbohidrat, 0, 12 gr gula, 1, 3 gr serat, 0, 66 gr lemak, 11, 61 gr air, serta 7, 13 gr protein. Bukan sekedar itu, beras juga memiliki kandungan beragam jenis vitamin serta mineral yang bermanfaat untuk badan, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium (potassium), serta zinc.

Beras juga terwujud dalam beragam bentuk, ukuran, serta warna. Ada beras yang memiliki bentuk kurus memanjang atau bulat pendek, ada juga beras yang berwarna putih, merah, coklat, hitam, atau ungu. Beras atau nasi putih sayangnya disangka bisa tingkatkan resiko diabetes type 2. Satu riset tunjukkan kalau mereka yang makan nasi putih lebih dari lima kali dalam satu minggu berisiko 17 % lebih tinggi menderita diabetes type 2 dibanding mereka yang cuma konsumsi nasi putih dalam jumlah besar.

Oleh karenanya beberapa orang yang mulai berpindah dari beras putih ke beras merah, kurangi mengkonsumsi nasi putih, sampai coba mencampurkan beragam jenis beras dengan polong-polongan, biji-bijian, kacang-kacangan, atau gandum-ganduman. Di Korea Selatan, multi grain rice yang dimaksud kongbap ini bahkan juga sudah jadi trend makanan sehat. Multi grain rice sendiri yaitu makanan sehat yang terbagi dalam beras, gandum, serta bji-bijian.

Multi grain rice itu dapat beragam, dari mulai cuma beras putih serta kacang polong ; paduan beras coklat, kacang polong, kacang merah, kacang kedelai hitam, jali, beras ketan hitam, jelai (barley), serta sorghum ; atau ditambah dengan beras putih, beras merah, beras hitam, kacang hijau, beras ketan, jagung, wijen, serta millet.

Semasing biji-bijian itu sudah pasti juga mempunyai kandungan gizi serta manfaat yang bermanfaat untuk badan. Beras hitam umpamanya, memiliki kandungan anti-oksidan antosianin yang disangka dapat melawan kanker, penyakit jantung, serta problem kesehatan yang lain. Serta menurut riset, multi grain rice itu disangka lebih efisien dari beras putih dalam turunkan kandungan glukosa postprandial (kandungan gula darah sesudah makan) tanpa ada tingkatkan pengeluaran insulin.

Leave a Reply