Kuliner Khas Belitung yang Tidak Boleh Terlewatkan

Mie Atep belitung
Mie Atep belitung

 

Kuliner Khas Belitung yang Tidak Boleh Terlewatkan , – Jalan-jalan ke Belitung memang sangat mengasyikan, apalagi bersama keluarga atau orang kesayangan yang lain. Satu hal yang tidak akan mungkin orang lewatkan ketika sedang liburan adalah menikmati hidangan yang ada di sana. Berikut ini adalah daftar makanan yang tidak boleh anda lewatkan saat berada di Provinsi Belitung.

  1. Mie Belitung

Kuliner yang pertama dan paling populer adalah Mie Belitung, atau yang biasa disebut dengan Mie Belitung Atep. Kuliner satu ini merupakan pencampuran mie dengan beberapa bahan lain seperti irisan udang, mentimun, taoge, kentang dan tahu. Kemudian sajian ini di suguhkan dengan menyiramkan kuah kental manis yang gurih dengan taburan toping di terakhir penyajian berupa emping. Rahasia dibalik kelezatan Mie Belitung ini adalah kuah kari udangnya yang tidak ada duanya.

 

  1. Gangan

Kuliner selanjutnya tak kalah enak adalah Gangan, yakni sup yang terbuat dari ikan laut segar dengan bumbu kuning yang khas. Rasanya yang nikmat berkat paduan rasa dari kunyit, sedangkan asam manisnya dari buah nanas dan pedas karena di masak menggunakan cabai. Bahan rempah lainnya yakni berupa bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, sereh, kemiri dan asam. Ikan yang biasa di gunakan adalah jenis ikan ketarap, ilak sampai dengan ikan baronang.

 

  1. Kopi Khas Belitung

Setelah menikmati makanan yang ada di Belitung, selanjutnya anda harus mencicipi kopi khas Belitung. Salah satu yang membuat kopi disana berbeda dari biasanya adalah aromanya yang harum khas. Salah satu tempat yang populer dengan penjual kopi terbanyak adalah Manggar. Daerah itu bahkan disebut dengan “kota 1001 warung kopi”. Artinya, kopi yang di sajikan tidak menggunakan campur tangan mesin akan tetapi diseduh.

 

  1. Suto Belitung

Mungkin orang lebih mengiranya sebagai soto seperti yang biasa di temui di Pulau Jawa. Suto Belitung adalah makanan khas provinsi Belitung yang di sajikan dengan irisan lontong, mie bihun, irisan daging sampai dengan kerupuk melinjo. Secara tampilan memang mirip dengan soto sich, namun nyatanya sama sekali tidak sama. Hidangan ini kemudian disiram dengan kuah yang cukup kental terbuat dari rebusan kari iga sapi di campur dengan santan kelapa.

 

  1. Pais

Pais atau makanan yang mirip seperti pepes ini menjadi kuliner khas tak kalah hits. Hanya saja semua itu tetap tidak sama dengan pepes, karena Pais di olah dengan menggunakan Ikan Bakar yang di bumbui dengan beberapa bahan mirip seperti sup gangan. Sebelum tahap di bakar, semua bumbu telah di masukkan ke dalam tubuh ikan. Adapun jenis ikan yang biasanya di olah menjadi Pais adalah ikan Ilak dan ikan Cubit.
baca juga :  http://sewaruangkantorjakarta.com/kuliner-khas-belitung-yang-tidak-boleh-terlewatkan/

 

Leave a Reply