KANKER GETAH BENING

KANKER GETAH BENING

Kanker getah bening juga dikatakan sebagai limfoma. Kanker ini berawal di beberapa sel yang yaitu sisi dari system kebal badan. Perlu untuk ketahui type kanker getah bening yang Anda derita, karenanya merubah pilihan penyembuhan yang ada dan prognosis (keinginan hidup) Anda. baca juga 

Kesadaran juga akan penyebabnya, tanda-tanda, juga penyembuhan kanker getah bening yaitu kunci untuk kurangi angka peristiwa penyakit ini dan kematian yang diakibatkannya. Artikel ini bisa menolong Anda mengerti apa sajakah penyebabnya kanker getah bening yang perlu diantisipasi, tanda-tanda yang harus diwaspadai, serta pilihan penyembuhan yang biasanya ada.

JENIS-JENIS UTAMA KANKER GETAH BENING

Kanker getah bening (limfoma) diawali di beberapa sel pelawan infeksi pada system kekebalan—bernama limfosit. Beberapa sel ini berada di kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, juga bebrapa sisi badan yang lain. Apabila Anda menderita limfoma, jadi limfosit beralih serta bertumbuh diluar kendali.

Ada dua type paling utama limfoma : Limfoma Non-Hodgkin (beberapa besar pasien kanker getah bening menderita type ini) ; serta Limfoma Hodgkin.

Limfoma Non-Hodgkin serta limfoma Hodgkin semasing merubah type limfosit yang berlainan. Tiap-tiap type limfoma bertumbuh pada laju yang berlainan dan miliki tanggapan/respon yang berlainan pada penyembuhan.

Walau limfoma yaitu penyakit kanker, namun penyakit ini sangat dapat diobati, tidak seperti banyak type kanker yang lain. Bahkan juga banyak masalah kanker getah bening yang sukses sembuh. Dokter Anda juga akan menolong mencari penyembuhan yang pas untuk type yang Anda derita.

Limfoma berlainan dengan leukemia. Ke-2 type kanker ini berawal di type sel yang berlainan. Limfoma dimulai di limfosit pelawan infeksi, sedang leukemia diawali di beberapa sel pembentuk darah didalam sumsum tulang.

Limfoma juga tidak sama juga dengan limfedema, yang disebut keadaan penimbunan cairan yang membuat dibawah kulit karena rusaknya pada kelenjar getah bening.

PENYEBAB KANKER GETAH BENING

Penyebabnya kanker getah bening terlebih yaitu karna berlangsung perubahan (mutasi) pada gen-gen dari limfosit (type sel darah putih). Perubahan-perubahan itu merubah langkahnya sel bertumbuh serta membelah diri atau mungkin saja menghindarnya untuk mati pada jadwalnya. Kerapkali ada lebih dari satu perubahan yang berlangsung di gen-gen sebelumnya itu meningkatkan limfoma.

Kita saat ini sudah tahu semakin banyak mengenai perubahan gen pada beragam type limfoma. Namun, dalam umumnya masalah, kurang banyak yang di ketahui dari apa yang mengubah itu berlangsung. Ini mungkin saja karna limfoma dikarenakan oleh bermacam hal berlainan yang semasing sedikit merubah gen-gen.

Tetapi ada beberapa hal yang di ketahui dapat tingkatkan resiko untuk meningkatkan limfoma (seringkali dimaksud ‘faktor resiko’). Aspek-faktor ini dihubungkan dengan type limfoma spesifik atau tampak seringkali dipunyai oleh pasien limfoma.

Namun beberapa aspek ini tidaklah penyebabnya kanker getah bening tersebut. Aspek-faktor resiko yang dihubungkan dengan penyebabnya kanker getah bening diantaranya :

Masalah pada system kekebalan

Infeksi-infeksi tertentu

Ada kerabat dekat yang menanggung derita limfoma

Sempat memperoleh perawatan untuk kanker

Umur tua

Bacalah juga Langkah Menghindar Kanker Getah Bening

Beberapa hal beda yang di teliti peluangnya jadi aspek resiko, namun masih tetap belum juga terang apa hubungannya dengan kanker getah bening, diantaranya :

Beberapa bahan kimia spesifik, serta pekerjaan yang mengharuskan pekerjanya memakai beberapa bahan kimia tersebut

Pola hidup, termasuk juga merokok, alur makan, dan obesitas

Banyak peneliti serta dokter selalu pelajari apa sesungguhnya penyebabnya kanker getah bening. Mudah-mudahan yang akan datang kita dapat memperoleh info lebih terinci serta terang tentang hal semacam ini.

PENCEGAHAN KANKER GETAH BENING

Langkah menghindar kanker getah bening Non-Hodgkin. Tak ada langkah tentu untuk menghindar type limfoma Non-Hodgkin. Umumnya penderitanya tidak mempunyai aspek resiko yang bisa dijauhi, jadi tak ada langkah membuat perlindungan diri dari limfoma ini.

Namun ada yang dapat kita usahakan untuk kurangi resiko meningkatkan kanker ini, umpamanya dengan membatasi resiko dari sebagian type infeksi spesifik serta lakukan sedapatnya untuk melindungi system kebal yang sehat.

Infeksi HIV, virus penyebabnya AIDS, di ketahui jadi satu diantara yang tingkatkan resiko limfoma Non-Hodgkin, jadi satu langkah untuk kurangi resiko kanker ini yaitu dengan menghindar infeksi HIV. Anda dapat mengupayakannya dengan hindari pemakaian obat suntik atau sex tanpa ada pengaman dengan adanya banyak pasangan.

Menghindar penebaran human T-cell lymphotropic virus (HTLV-1) juga beresiko besar pada kanker getah bening Non-Hodgkin di beberapa daerah di mana virus ini biasanya ada, umpamanya di Jepang serta lokasi Karibia. Kiat yang sama untuk menghindar infeksi HIV dapat juga berlaku untuk menghindar HLTV-1.

Infeksi Helicobacter pylori juga dihubungkan dengan sebagian limfoma yang keluar di lambung. Menangani infeksi ini dengan antibotik serta antasida bisa turunkan resikonya, namun faedah dari langkah tersebut masih tetap belum juga terang.

Umumnya orang dengan infeksi H. pylori tidak alami beberapa gejala, serta sebagian cuma rasakan heartburn enteng. Jadi diperlukan semakin banyak riset untuk mencari langkah paling baik untuk mendeteksi dan menangani infeksi ini pada beberapa orang yang tanpa ada tanda.

Sebagian limfoma dikarenakan oleh perawatan atas type kanker beda memakai radiasi serta kemoterapi atau memakai obat-obatan penekan kebal untuk hindari penolakan badan atas transplantasi organ.

Beberapa dokter tengah mencari beberapa cara paling baik untuk mengatasi pasien kanker serta transplantasi organ tanpa ada jadi besar resiko kanker getah bening. Namun untuk saat ini, faedah dari perawatan itu umumnya masih tetap semakin besar bila dibanding dengan resiko yang ditimbulkannya.

Sebagian riset juga tunjukkan kalau kegemukan atau obesitas dapat jadi besar resiko limfoma Non-Hodgkin. Riset beda memerlihatkan kalau alur makan tinggi lemak serta daging juga tingkatkan resiko. Jadi usahakanlah mencegah kanker getah bening dengan pola hidup dan alur makan sehat yang melindungi berat tubuh tetaplah baik.

Langkah menghindar kanker getah bening Hodgkin. Masih tetap sedikit aspek resiko limfoma Hodgkin yang di ketahui bisa dijauhi, jadi hingga sekarang ini dipandang kalau penyakit ini masih tetap tidak bisa dihindari dalam beberapa besar masalah.

Leave a Reply