Halo sobat dimana pun anda berada,jumpa lagi dengan kami selaku admin web Jual Bibit Rambutan Rapiah yang kali ini kami akan seidkit menjelaskan sedikit info mengenai rambutan rapiah.

Jual Bibit Rambutan Rapiah

Jenis rambutan rapiah ini memiliki rasa yang sangat manis, dan juga kenyal,namun begitu buah ini justru tidak beraroma harum. Rambutan rapiah  ini dalam kurun waktu 1 tahun hanya mampu berbuah sekitar 20-30 kg dan buahnya sendiri hanya mampu bertahan hingga 1 minggu setelah dipetik. Jual Bibit Rambutan Rapiah

Jenis rambutan rapiah atau biasa disebut dengan nama latin Nephelium lappaceum merupakan jenis  buah rambutan yang berasal dari negara Indonesia.

Rambutan rapiah adalah jenis rambutan yang mana pada bagian“daging buah,terdapat jenis salut biji atai yang biasa juga disebut dengan  aril,yang mana aril tersebut dapat melekat sangat kuat pada kulit terluar biji atau lepas.

Rambutan rapiah ini dapat menghasilkan bunga setelah 2 sampai 3 tahun pada masa tanam dari  mulai bibit tanaman,namun pada usia yang menginjak 1 tahun,rambutan rapiah ini sudah dapat berbunga jika diperbanyak secara vegetatif,rambutan berumah dua, tetapi bersifat androdioecious.

Rambutan rapiah  ini berbentuk agak bulat kecil. Rambutan rapiah ini mempunyai tekstur daging yang bisa dibilang lumayan tebal,berwarna putih, dan juga tidak terlalu mengandung banyak air.

Jenis rambutan rapiah merupakan jenis buah yang  tidak pernah menghasilkan buah pada masa.pembungaan,hal ini sangat  berbeda dengan jenis rambutan yang dipengaruhi oleh musim atau ketersediaan air. Masa kering tiga bulan menghentikan pertumbuhan vegetatif dan menambah rangsangan pembentukan bunga baru.

Buah rambutan rapiah ini terbungkus secara rapi oleh kulit yang memiliki “rambut” di bagian luarnya (eksokarp). Rambutan rapiah ini dominan mempunyai Warna hijau ketika masih muda, lalu ketika sudah mulai berangsur sekian lama agak kekuningan dan akan berubah menjadi warna merah ketika sudah matang.

Kandungan Istimewa Buah Rambutan

  1. Buah rambutan rapiah ini juga memiliki beragam kandungan karbohidrat sehingga dengan begitu dapat menjadi buah dengan pemberi sumber energi.
  2. Kandungan pada rambutan rapiah ini kaya akan vitamin A yang mana berfungsi sebagai vitamin yang dapat larut di dalam air yang ada di dalam buah rambutan sehingga dapat menjaga organ mata.
  3. Buah rambutan memiliki kandungan protein sehingga dapat mengganti kerusakan sel yang rusak dan sel mati menjadi sel-sel yang baru.
  4. Di dalam buah rambutan rapiah sendiri terdapat asupan vitamin C yang sangat dominan,dan berfungsi sumber vitamin alami yang dapat  larut di dalam air yang mana nantinya akan memberikan efek antioksidan bagi tubuh.
  5. Buah rambutan rapiah mempunyai beragam kandungan yang kaya akan serat pangan,sehingga nantinya dapat melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh,sehingga akan terasa lancar saat buang air besar.

Syarat Tumbuh :

Tipe kontur tanah yang cocok untuk rambutan rapiah ini adalah tipe tanah latosol kuning. Hal ini disebabkan karena adanya hembusan angin yang kering, dan biasanya hanya ada di lokasi dekat  pantai, dengan keadaan tanah seperti itu maka dapat menyebabkan tepi-tepi pada daun rambutan akan berwarna kecoklatan seperti terbakar.

Namun akan tetapi, untuk merangsang pembungaan diperlukan musim kemarau (kering) antara 3-4 bulan. Pada saat musim hujan tiba dan pada saat itu juga tanaman sedang berbunga,maka hal ini dapat  menyebabkan banyak bunga yang berguguran dan relatif akan mendorong timbulnya serangan penyakit mildu tepung (Oidium sp.).

Tanaman rambutan rapiah ini dapat tumbuh dan berbuah baik di dataran rendah hingga ketinggian mencapai 700 m dpl dengan tipe iklim basah. Curah hujan 1.500-3.000 mm per tahun. Tanah yang gembur dan subur lebih disenangi. Tanaman ini relatif tahan pada lahan gambut yang masam dan tanah latosol coklat dengan pH tanah 4-6,5. Suhu udara 22-35° C.

Sekian ulasan dari admin tentang Jual Bibit Rambutan Rapiah Semoga dengan apa yang admin sampaikan di atas dapat menambah wawasan untuk anda semuanya.