Inilah faktor pemicu munculnya masalah jerawat di wajah

Salah satu masalah yang banyak dialami mulai dari anak remaja hingga dewasa adalah munculnya jerawat di wajah.  Jerawat muncul dikarenakan kelenjar minyak yang sangat banyak di bagian kulit wajah. Munculnya jerawat memang sangat mengganggu kepercayan diri karena dapat merusak penampilan. Frekuensi timbulnya jerawat bagi tiap-tiap orang memang berbeda-beda. Ada yang muncul di waktu-waktu tertentu, bahkan ada yang semakin hari semakin membandel. Sesuatu tidak akan muncul kalau tidak ada penyebabnya kan?

Hasil gambar untuk jerawat di wajah

Nah, tidak ada salahnya Anda menambah wawasan tentang penyebab jerawat. Dengan mengetahuinya Anda akan bisa mengantisipasi agar jerawat tidak muncul.

Penyebab munculnya jerawat

Ternyata ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mencari cara bagaimana mengantisipasi agar jerawat tidak lagi nongol di wajah. nah, kira-kira apa saja faktor yang menyebabkan munculnya jerawat? Yuk kita simak ulasan di bawah ini:

  1. Faktor hormon

Ternyata faktor hormonal juga  berpengaruh terhadap munculnya jerawat. Salah satunya adalah saat Anda sudah memasuki masa remaja atau pubertas. Saat itu tubuh anak remaja akan mengalami perubahan beserta hormone-hormon nya. Saat menstruasi maupun saat hamil hormone juga akan mengalami perubahan. Jerawat yang muncul akibat hormon ini memang sulit untuk dihindari. Oleh sebab itu, pastikan makanan-makanan yang Anda makan bergizi seimbang dan jangan lupa untuk sering-sering mencuci wajah.

 

  1. Faktor genetik

Faktor keturunan juga bisa memicu timbul nya jerawat. Apabila orang tua Anda wajahnya langganan muncul jerawat, maka kemungkinan Anda juga akan mewarisi hal tersebut. Jerawat yang muncul karena faktor genetik ini juga sulit dihindari seperti faktor hormonal. Memerlukan perawatan khusus untuk menangi jerawat yang disebabkan faktor ini. Agar jerawat yang terus muncul cepat teratasi, sebaiknya cepat konsultasikan ke dokter.

 

  1. Alergi

Selain fortor genetic dan hormonal, ternyata alergi juga bisa memicu munculnya jerawat. Jerawat yang disebabkan faktor ini timbull karena kulita tidak bisa mentoleransi zat-zat tertentu yang masuk ke tubuh. Bisa jadi alergi bisa disebabkan dari makanan kesukaan Anda.

 

  1. Faktor kebersihan

Sebelum membiarkan benda-benda menyentuh wajahmu, pastikan sebelum nya bahwa benda itu sudah dijamin kebersihannya dan terbebas dari bakteri yang bisa menimbulkan jerawat. Mulai dari tangan, alat-alat make up, hingga ponsel. Semua itu harus Anda perhatikan kebersihannya.

 

  1. Produk perawatan wajah

Saat memilih produk wajah memang tidak bisa sembarangan, mengingat wajah merupakan letak kepercayaan diri. Jangan sampai Anda tergiur dengan kosmetik-kosmetik dengan harga murah tetapi menggunakan bahan kimia ynag tidak aman. Biasanya kulit akan muncul jerawat jika akda kosmetik baru yang ditempelkan, hal ini sebagai tanda kulit masih beradaptasi. Tetapi jika jerawat tetap muncul apalagi semakin bertambah itu berarti kulit Anda tidak cocok dengan osmetik tersebut.

 

  1. Karena stres

Kondisi stres juga dapat memicu tumbuhnya jerawat. Saat seseorang mengalami stres, dengan otomatis tubuh akan memproduksi lebih banyak kortisol dan androgen yang dapat meningkatkan produksi minyak yang berlebihan sehingga jerawat bisa muncul. Nah, untuk mengatasi jerawat karena stres, Anda hanya membutuhkan relaksasi seperti tidur yang cukup, olahraga dan melakukan aktifitas-aktifitas yang menyenangkan.

 

Nah, itulah penyebab-penyebab munculnya jerawat. Dengan memiliki wajah yang bersih tentu akan menambah rasa percaya diri. Untuk mengantisipasinya sebaiknya Anda menghindari hal-hal tersebut. Anda juga perlu memperhatikan atau menghindari makanan apa saja yang bisa membuat jerawat semakin bertambah. Semoga artikel ini bisa membantu mengatasi masalah Anda.

Leave a Reply