Sedikit Mengenal Prinsip Kerja Alat EKG

Pernahkah anda mendengar kata Electrocardiograph, atau dalam bahasa Indonesia elektrokardiografi yang sering disingkat dengan EKG ? Tahukah anda apakah ini ? Ini adalah sebuah alat kesehatan. Alat ini digunakan untuk melakukan pemeriksaan pada gangguan jantung. Hasil dari pemeriksaan ini adalah berupa grafik tegangan terhadap waktu. Dari grafik ini, dokter akan mendiagnosa apakah ada kelainan pada jantung pasien. Jenis alat EKG juga ada yang portable dan kecil. Harga alat ekg portable lebih murah daripada EKG biasa. Artikel ini lebih lanjut akan menjelaskan secara singkat tentang hal – hal mengenai alat ekg.

Pengertian dan Fungsi Alat

harga alat ekg portable

EKG dapat kita definisikan sebagai alat kesehatan rekam jantung. Mengapa demikian ? Karena ecg atau ekg bekerja dengan cara merekam kelistrikan yang ada pada detak jantung. Karena gerakan jantung kita ini dilakukan oleh sistem kelistrikan jantung. Sehingga apabila detak jantung kita ada masalah tentu saja itu berarti ada sesuatu yang terjadi pada sistem kelistrikan jantung kita. Ini adalah indikasi kelainan jantung. Fungsi alat ini adalah merekam aktivitas listrik jantung dan menampilkannya dalam sebuah data visual dan printout.

Cara Kerja Alat EKG

Pada paragraf sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian dan fungsi alat EKG. Sekarang kia akan lanjutkan dengan mengetahui bagaimana prinsip kerja EKG ini. Kita mulai dari bagian – bagian alat ekg terlebih dahulu. Sebenarnya alat ekg bukanlah sebuah alat yang sangat rumit, anda bisa membuatnya dengan memanfaatkan beberapa komponen dan rangkaian elektronik.

Ada beberapa bagian yang ada pada alat EKG. Diantaranya adalah mesin ekg, printer, elektroda bulb. Umumnya alat EKG mempunyai bagian yang seperti ini. Mesin EKG tersusun dari berbagai macam komponen, layar display, printer, rangkaian elektronika dan sebagainya. Cara kerjanya adalah dengan merekam kelistrikan jantung melalui ecg bulb dan kemudian memvisualisasikan dalam bentuk display dan juga dalam cetakan kertas khusus yaitu kertas ekg.

Detak jantung yang mengandung listrik akan ditangkap oleh elektroda kemudian langsung meuju rangkaian dalam mesin ECG kemudian di dalam mesin gelombang listrik dikonversi menjadi tampilan layar dan dapat juga dicetak dengan menggunakan kertas ekg.

Untuk jenis EKG portable, tidak dilengkapi dengan printer langsung. Namun kemungkinan hasil sampling data bisa disimpan dan nantinya akan dicetak. Harga alat ekg portable memang jauh lebih murah daripada alat ecg yang biasa dipakai di rumah sakit atau klinik. Pemakaian juga lebih mudah, simple dan tidak memakan tempat.

Beli Alat EKG

Anda akan membeli alat EKG ? Tentu saja urusan yang pertama adalah harga alat ekg. Anda akan membeli alat ini untuk kebutuhan siapa ? Untuk kebutuhan pribadi lebih baik anda membeli alat ekg portable karena harga alat ekg portable lebih murah dan alat juga lebih mudah digunakan.

Leave a Reply