Harga rumah joglo ~ Rumah joglo ialah rumah tradisi. Oleh karenanya membuatnya pasti penuh dengan filosofi. Apa Filosofi Rumah Joglo Jawa Tengah? Di bawah ini penjelasannya.

Rumah joglo pada intinya dibagi jadi 3 sisi. Sisi itu ialah :

Pendapa

Pringgitan

Dalam

Saat ruang ini mempunyai filosofi sendiri-sendiri. Buat anda yang ingin tahu dengan filosofinya berikut penjelasannya.

Filosofi sisi rumah pendapa

Pandapa harga rumah joglo adalah sisi rumah yang ada pada bagian depan. Sisi rumah ini diketahui menjadi sisi rumah yang dipakai untuk pertemuan. Sisi rumah ini adalah satu diantara simbol tentang karakter dari orang Jawa yang terbuka. Umumnya sisi ini tidak mempunyai kursi atau meja hingga penerimaan tamu cuma dikerjakan diatas tikar. Namun bersamaan dengan perubahan jaman, keaslian budaya ini perlahan-lahan menghilang.

 

Filosofi sisi rumah Pringgitan

Sisi pringgitan mempunyai filosofi menjadi dewi sri yang disebut dewi padi yang disebut simbol kesuburan serta kebahagiaan. Tempat dari sisi rumah pringgitan ini berada di pada pendapa dan sisi rumah dalam.

 

Filosofi sisi rumah dalam

Filosofi harga rumah joglo Jawa Tengah ialah sisi rumah yang dipakai untuk tinggal keluarga. Sisi ini terbagi dalam beberapa kamar. Kamar-kamar ini dimaksud dengan senthong. Jaman dulu jumlahnya senthong ditata. Dulu jumlahnya senthong cuma ada 3, yakni kamar lelaki, kamar wanita dan kamar pusaka. Kamar pusaka berada di tengahnya kamar pria serta wanita. Sesuai namanya kamar ini dipakai untuk menaruh pusaka.

Bila disaksikan dari filosofinya, rumah Jawa memang mempunyai nuansa yang kental adanya dinamisme atau keyakinan pada dewa-dewa. Hal ini kelihatan dari senthong pusaka. Tidak hanya untuk menaruh pusaka, senthong pusaka mempunyai bentuk kamar komplet dengan tempat tidur serta perlengkapannya. Sayangnya kamar ini tidak di isi serta menyengaja dikosongkan sebab kehadiran kamar ini memang menyengaja dibikin untuk kamar pemujaan dewa sri yang begitu disucikan pada saat itu. Menjadi satu diantara negara agraris, mata pencaharian dari jaman dulu yang paling popular ialah bercocok tanam jadi tidak salah bila Filosofi harga rumah joglo Jawa Tengah ini kental dengan pemujaan dewa padi itu.