Cara Membuat Pupuk Dari Garam Dengan Mudah

Cara Membuat Pupuk Dari Garam Dengan Mudah

Ada banyak cara dan bahan yang bisa di gunakan untuk membuat pupuk yang baik seperti kompos dari buah busuk, kompos dari jerami padi, kulit pisang, kulit telur, kotoran ayam dan sebagainya di bandingkan pupuk kimia. Selain itu semua, salah satu bahan yang paling unik adalah garam dapur.

Garam dapur ternyata tidak hanya di gunakan untuk memasak saja ataupun di manfaatkan di industry makanan ringan. Bahan ini selain murah dan mudah ditemukan, menggunakan garam sebagai pupuk juga memiliki banyak keunggulan. Di sarankan untuk menggunakan garam Epson atau garam inggris karena memiliki kandungan magnesium dan sulfur yang dibutuhkan tanaman.

Banyak petani dan penggemar tanaman organic ini beralih ke garam dapur sebagai pupuk tanaman mereka. Beberapa kalangan petani sawit, cengkeh, kakao, lada, ataupun padi seringkali menggunakan garam sebagai pupuk organic untuk membantu peningkatan produksi panen. Tidak hanya itu saja, tanaman seperti semangka, wortel, cabe, kol, brokoli, kubis, buncis, tomat, bawang, kacang panjang, polong-polongan juga memakai pupuk garam.

Para petani di Indonesia juga sudah menggunakan garam sebagai pupuk, seperti petani jeruk di Kalimantan Barat dimana tanaman jeruk yang ditanam dengan air garam menghasilkan buah dengan rasa yang lebih manis daripada biasanya. Kemudian, sekelompok petani di pulau jawa menggunakan pupuk garam untuk tanaman.

Pupuk dari garam ini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

Membantu penetralan tanah asam dan alkalis dimana tanah yang pH nya basah tergolong tanah alkali. Seperti kotoran ternak, tanah parit, urine hewan, abu sisa pembakaran atau sisa-sisa tanaman yang dalam proses pembusukan. Biasanya, tanah ini butuh pendinginan selama beberapa minggu tetapi dengan memberikan larutan garam, tanah itu bisa di manfaatkan secara langsung.

  • Garam juga memiliki kandungan unsur Nutrium (Na) dan Chlor (Cl) yang dapat mensubstitusi unsur Kalium (K) dalam tanah.
  • Sodium (Na+) dan Klor (Cl-) adalah kandungan dari garam yang merupakan unsur mikro yang dapat langsung dimanfaatkan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

Leave a Reply