Cara Membuat Kelapa Mini Dalam Pot

Cara Membuat Kelapa Mini Dalam Pot

Tanaman kelapa termasuk salah satu tanaman asli Indonesia. Tanaman kelapa ini banyak tumbuh di dataran rendah, terutama di tepi pantai. Bagian-bagian tanaman kelapa banyak sekali manfaatnya, mulai dari batang, daun, hingga buahnya. Oleh karenanya, tanaman ini sengaja di tanam untuk di ambil buah, daun atau batangnya. Jarang sekali orang menanam kelapa untuk tanaman hias.

Sosok tanaman kelapa yang tinggi memang tidak menarik bila tampil sebagai tanaman hias. Bahkan, dengan halaman rumah yang sempit semakin tidak mungkin menanam tanaman kelapa. Namun lain halnya bila tanaman kelapa ini di tanam di dalam pot dan di tampilkan dalam bentuk kecil atau mini. Menampilkan tanaman kelapa di dalam pot tidaklah susah, hany dibutuhkan kecermatan.

Membuat Kelapa Mini

Apabila akan membuat tanaman kelapa mini, bahan yang digunakan berupa buah kelapa yang telah bertunas. Perlu di perhatikan bahwa tunas tersebut sebaiknya tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Jadi, dipilih tunas yang pelepahnya telah tampak, tetapi daunnya belum membuka. Pada kondisi seperti inilah bibit kelapa tersebut masih mudah beradaptasi.

baca juga : jual bibit kelapa hibrida

Tahap pertama pembuatan kelapa mini adalah pengupasan sabut kelapa. Selanjutnya, kelapa mini ditanam di dalam pot.

Pengupasan sabut kelapa

  • Agar sabut mudah dilepas, kulit bagian belakang (berlawanan arah dengan tunas) dipotong dengan bantuan pisau tajam atau gergaji besi.
  • Dengan bantuan pisau, dibuat sayatan membujur dari arah tunas menuju ke belakang. Sayatan dibuat hingga mengenai batok.
  • Batok kelapa dikerok dengan pisau tajam. Setelah bersih batok ┬ádi haluskan dengan ampelas kasar agar terlihat lebih menarik.

Penanaman Kelapa Mini

  • Media tanam disiapkan dengan mencampurkan pasir, tanah dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 2:1:1. Media tersebut dimasukkan dalam pot ceper atau pot yang meninggi. Pot ceper lebih banyak digunakan karena lebih memberi kesan artistic.
  • Bibit kelapa ditanam, buahnya diletakkan horizontal dan tetap berada di atas tanah. Akar dimasukkan ke dalam tanah dengan hati-hati jangan sampai terputus karena jumlah akar bibit karena jumlah akar bibit kelapa hanya dua.
  • Agar pertumbuhan daun tidak menjulang ke atas tepi pelepah pada daun baru yang belum membuka dihilangkan dengan hati-hati.

Leave a Reply