bagaimana mebangun rumah dari nol

Cara Membangun Rumah Dari Nol

Banyak orang yang bingung mau mulai dari mana saat mau bangun rumah, misal tanah sudah ada dana sudah ada tapi bingung gimana cara membangun rumah dan harus menghubungi siapa. sebenarnya nggak semua orang akan mengalami hal seperti ini karena sebagian orang pasti sudah tahu kalau sudah ada tanah dan dana untuk membangun rumah pasti tinggal panggil pemborong untuk bisa “mengeksekusi” project membangun rumah impianya.

bagaimana mebangun rumah dari nol

Nah kalau kamu termasuk yang bingung harus kemana, ada baiknya kamu baca tips berikut, bagaimana cara membangun rumah dari nol step by step, dan step berikut tidak mesti diikuti seratsu persen tergantung dari kebutuhan anda, misalnya dalam tips berikut anda direkomendasikan untuk menggunakan jasa arsitek untuk membuat mockup desai ndan denah rumah yang sesuai dengan keinginan anda. tapi anda mau dibuat yang simple saja tanpa harus detail ketika menyewa arsitek untuk membuat desainnya maka anda tidak perlu menyewa asitek untuk membuat gambaran desain rumah impian anda.

1.  Buat sketsa denah yang menyesuaikan dengan luas tanah yang anda miliki.

Dalam hal ini anda membuat draft gambaran sketsa denah rumah yang anda impikan, dan kalau anda ingin yang lebih rapih anda bisa meminta bantuan arsitek untuk membuatkannya menjadi lebih fungsional dan memiliki estetika desain yang nyaman tanpa mengurangi desain yang anda buat. jadi diskusikan dengan arsitek anda ingin membuat rumah yang seperti apa, dan mereka akan memberikan rekomendasi terbaik mereka.

2. Menghitung RAB (Rencana Anggaran Biaya)

Setelah desain rumah anda sudah dibuat anda bisa sekalian untuk meminta menghitungkan RAB untuk membangun rumah tersebut, kalau anda punya budget pas-pasan ada baiknya memberikan gambaran kepada arsitektur untuk membuatkan rumah dengan budget yang masuk pada budget anda, jadi nanti akan dibuatkan yang menyesuaikan.

3. Ambil Borongan

Daripada anda ribet dan punya budget yang pas tapi ternyata diakhir pembangunan biayanya kurang, ini jangan sampai terjadi, jadi enaknya kalau sudah dihitungkan RAB dan anda sudah tahu berapa besar biayanya anda bisa ambil borongan untuk membangun dan pastikan sudah ada beberapa perjanjian kecil seperti uang makan sudah termasuk dalam RAB jadi anda tidak perlu megneluarkan biaya tambahan.

4. Kawal Pembangunan

Setelah project berjalan ada baiknya setiap seminggu sekali anda memantau perkembangan pembangunan dan ce ksemau requerement sesuai atau tidak dengan yang ada dalam RAB.

Itu saja tips untuk anda yang mau bangun tuman, jangan lupa SHARE hanya jika bermanfaat ya ^_^

Leave a Reply