Candidiasis

Candidiasis

Candidiasis yaitu infeksi karena jamur Candida. Wajarnya, kulit manusia ditempati oleh bakteri serta jamur (fungi) yang umumnya tidak beresiko. Sebagian type bakteri serta fungi bahkan juga bisa menolong kulit untuk lakukan peranannya. Walau demikian, bila bakteri serta fungi itu berkembangbiak tanpa ada termonitor, jadi bisa mengakibatkan infeksi baca juga 

Type jamur Candida yang biasanya menyebabkan candidiasis pada manusia, diantaranya yaitu :

  • Candida tropicalis.
  • Candida albicans.
  • Candida parapsilosis.
  • Candida glabrata.
  • Candida guilliermondii.

Type candidiasis yang umum berlangsung berdasar pada tempat atau sisi badan yang terserang, diantaranya yaitu :

  • Candidiasis oral, yakni infeksi candidiasis pada mulut.
  • Candidiasis vulvovaginal, yakni infeksi candidiasis pada organ genital wanita.
  • Balanitis, yakni infeksi candidiasis pada organ genital pria.
  • Intertirgo, yakni infeksi candidiasis pada daerah lipatan kulit.

Dermatitis napkin, yakni infeksi candidiasis yang mengakibatkan timbulnya ruam karna penggunaan popok.

Paronikia kritis serta onikomikosis, yakni infeksi candidiasis pada daerah kuku.

Candidiasis mukokutaneus kritis.

  • Tanda Candidiasis

Tanda candidiasis yang keluar juga akan tidak sama bergantung tempatnya. Tanda yang seringkali keluar yaitu ruam pada kulit. Ruam yang keluar karena candidiasis bisa mengakibatkan kulit gatal, pecah-pecah, serta kering. Diluar itu, candidiasis dapat juga menyebabkan lepuhan serta nanah pada kulit.

Ruam yang keluar karena candidiasis bisa berlangsung pada kulit di beberapa sisi badan, tetapi biasanya berlangsung di daerah lipatan kulit, seperti ketiak, selangkangan, sela jari, serta bawah payudara. Candidiasis dapat juga berlangsung pada kuku, tepian kuku, serta di pojok mulut.

  • Penyebabnya serta Aspek Resiko Candidiasis

Candidiasis bisa berlangsung saat jamur Candida pada kulit berkembang biak tanpa ada teratasi serta mengakibatkan infeksi. Infeksi Candida bisa berlangsung karna dipicu oleh beberapa hal tersebut :

  • Cuaca yang hangat.

Kulit yang lembap atau tidak dikeringkan dengan benar.

System kebal badan yang lemah, seperti pada kehamilan atau diabetes.

Baju yang ketat.

Kebersihan pribadi yang jelek.

Pemakaian kortikosteroid yang bisa mengakibatkan masalah system imun.

Pemakaian antibiotik yang bisa membunuh bakteri pada kulit yang berperan untuk menghimpit perkembangbiakan Candida.

Obesitas.

Tidak sering ganti baju dalam.

Terkecuali beberapa aspek itu, keadaan berikut ini dapat juga menyebabkan candidiasis pada kulit, diantaranya :

Berumur lanjut atau masih tetap anak-anak.

Kekurangan zat besi.

Konsumsi pil kontrasepsi yang memiliki kandungan tinggi estrogen.

Melakukan kemoterapi.

Mempunyai penyakit kulit yang lain, seperti psoriasis.

Menanggung derita sindrom Cushing atau masalah kelenjar endokrin yang lain.

Kekurangan yang kritis karena kanker atau malnutrisi.

Diagnosis Candidiasis

Untuk meyakinkan apakah pasien terserang candidiasis atau tidak, dokter juga akan lakukan kontrol seperti berikut :

Kontrol fisik. Kontrol fisik dikerjakan dengan mengecek dengan visual bentuk serta penampakan ruam. Diluar itu, dokter akan mengecek keadaan kulit di daerah itu.

Kultur kulit. Sesudah mengecek keadaan kulit serta ruam ketika kontrol fisik, dokter juga akan lakukan swabbing (apusan) pada daerah kulit yang terserang candidiasis. Hasil sampel kulit yang didapat dari swabbing lalu di check di laboratorium untuk meyakinkan kehadiran jamur Candida hingga dapat di pastikan apakah berlangsung candidiasis atau tidak.

Analisa urine. Analisa urine bermanfaat untuk menolong diagnosis candidiasis genitourinarial. Urine bisa dianalisis untuk mengecek kehadiran sel darah merah serta putih, protein, serta beberapa sel ragi. Diluar itu, urine dapat juga dikultur untuk mengecek kehadiran jamur

Penyembuhan serta Mencegah Candidiasis

Candidiasis pada kulit bisa dihindari dengan penyembuhan sederhana, yakni dengan melindungi kebersihan pribadi dengan baik serta merubah gaya hidup. Sebagian gaya hidup yang bisa dikerjakan untuk menghindar infeksi candidiasis, diantaranya yaitu :

Selekasnya ganti baju yang lembab, seperti baju renang atau baju berolahraga, dengan baju yang kering.

Ganti kaos kaki serta baju dalam dengan teratur.

Konsumsi probiotik dengan teratur.

Menggunakan baju yang longgar serta tidak ketat.

Melindungi kandungan gula darah.

Bersihkan ruang kulit yang terserang candidiasis memakai sabun yang lembut serta tidak memiliki kandungan minyak wangi.

Penyembuhan candidiosis umumnya berbentuk obat temaal antijamur berupa cream untuk dioles-oleskan pada kulit. Maksud pemberian obat ini yaitu untuk menghalangi penebaran infeksi serta membunuh jamur Candida. Spesial untuk infeksi candidiasis yang telah berkembang jadi infeksi systemik (menyerang semua badan), bisa diberi obat-obatan antijamur berupa oral.

Sebagian kelompok obat-obatan antifungal, baik temaal ataupun oral yang bisa diberi untuk menyembuhkan candidiasis, diantaranya yaitu :

Antijamur kelompok azole. Obat ini, terlebih yang dikemas berbentuk temaal, sering diberi jadi penyembuhan pertama infeksi jamur, termasuk juga candidiasis. Terkecuali berbentuk temaal, antijamur azole dapat juga diberi berbentuk oral untuk menyembuhkan candidiasis systemik. Contoh obat-obatan kelompok ini yaitu fluconazole, itraconazole, voriconazole, dan

Polyene. Ini adalah obat antijamur berspektrum luas. Misalnya yaitu amphotericin B serta nystatin.

Penghalang sintesis kelompok glukan. Obat antijamur kelompok ini berperan untuk menyembuhkan candidiasis yang termasuk berat, systemik, dan invasif. Obat ini dapat juga diberi pada pasien candidiasis yg tidak bisa dikerjakan dengan obat amphotericin B. Contoh obat-obatan penghalang sintesis kelompok glukan yaitu caspofungin, micafungin, dan

Azole temaal. Peranan obat ini sama dengan antijamur azole yang lain, cuma dikemas berbentuk temaal jadi cream beri. Contoh obat ini yaitu clotrimazole, butoconazole, miconazole vaginal, tioconazole, serta terconazole vaginal.

Mengenai untuk percepat kesembuhan infeksi Candida di sekitaran kelamin, Anda bisa lakukan beberapa hal di bawah ini :

Menggunakan baju dalam yang terbuat berbahan katun.

Tidak menggunakan baju dalam yang sangat ketat.

Hindari pemakaian sabun yang memiliki kandungan pewangi pada organ intim.

Melindungi organ intim tetaplah kering, terutama sesudah dibikin bersih atau setelah mandi.

Candidiasis yang berlangsung pada bayi atau anak umur awal butuh jadi perhatian spesial. Bila diabaikan atau tidak diobati dengan baik, infeksi candidiasis yang berlangsung bisa berkembang serta menebar secara cepat. Candidiasis pada bayi kerapkali berlangsung di bagian yang menggunakan popok, diikuti dengan kemerahan pada kulit dengan batas yang pasti serta tetaplah ada sesudah 3 hari. Bila berlangsung, selekasnya kerjakan pergantian popok dengan teratur serta pakaikan bayi dengan baju yang longgar. Bila di rasa butuh, dokter bisa memberi obat antijamur nystatin untuk menyembuhkan candidiasis pada bayi.

Bayi dapat juga alami candidiasis berbentuk sariawan pada mulut. Sariawan pada bayi diikuti dengan kulit mulut pecah-pecah serta timbulnya bercak-bercak berwarna putih pada mulut, lidah, serta sisi dalam pipi. Dokter bisa memberi obat antijamur yang diteteskan ke mulut bayi sekian kali satu hari untuk menyembuhkan candidiasis pada mulut.

Leave a Reply