Budidaya Tanaman Jacaranda

Nama tanaman  Jacaranda di ndonesia mungkin tidak se terkenal mawar atau melati padahal di negara Brazil bagian (Amerika selatan) bunga berwarna ungu ini termasuk tanaman yang kerap digunakan sebagai peneduh .Jual Pohon Jacaranda. Tanaman Jacaranda dapat tumbuh subur sebagai pohon jalanan untuk menyediakan tempat berteduh ketika kepanasan,namun ketika ditanam di halaman pohon ini memberikan bunga yang banyak bunga ini berwarna ungu bisa untuk di sejajarkan dengan bunga sakura di jepang. Karena pada saat bunga ini mekar yang terlihat hanyalah bunganya saja tak ada sehelai daun hijau yang tersisa,seluruh pohonnya hampir berwarna ungu apalagi kalau pohonnya berjejer rapi itu sangatlah indah untuk di pandang.

Budidaya Tanaman Jacaranda

Tidak hanya di indonesia,terdapat sebuah kota berjuluk pretoria atau yang biasa disebut kota eropa nya di benua afrika ini adalah kota yang sebelumnya sudah ada sejak tahun 1855 yang sampai sekarang ini masih tetap begitu asri dengan rimbun nya pepohonan dan berbagai macam tanaman yang langka. Yang paling terkenal di sini ialah pohon jacaranda yang hanya akan tumbuh di kawasan tropical dan subtropical yang hampir mengungu kan di seluruh penjuru kota pretoria ini.

Tanaman jacarnda adalah termasuk ke dalam 49 spesies tanaman berbunga dan masuk dalam keluarga Bignoniaceace yang terdapat di daerah tropis dan subtropis yang berasal dari negara amerika tengah,Amerika serikat, Amerika selatan,cuba,hispaniola dan bahamas. Dan telah ditanam secara menyeluruh di wilayah asia terutama d negarai nepal dan di perkirakan telah di perkenalkan ke daerah tropis dan subtropis,yang paling terkenal dari nama genus ini juga kerap digunakan sebagai nama yang umum.

Rekomendasi untuk penanaman pohon jacaranda sekarang ini haruslah pada dataran rendah pada kondisi tempat tumbuh yang secara optimal dan beriklim cukup mendapat panas atau sekitar suhu 30 hingga 45 derajat C. Kebutuhan akan sinar matahari ini sangatlah penting untuk penyinaran sepanjang hari atau setiap hari.Jumlah  kuntum bunga yang dapat dihasilkan pada tanaman jacaranda ini bisa mencapai hingga ratusan ribu,bunga ini tidak akan harum jika ditanam di tanah biasa, di anjurkan untuk ukuran tempatnya antara diameter 70 cm dan selebihnya media utama yang digunakan ialah tanah humus atau tanah dengan penyiraman secara rutin.penyiraman ini dapat di lakukan dalam waktu 1 kali dalam sehari.

Di beberapa negara Pohon Jacaranda ini banyak di manfaatkan untuk pembuatan gitar sebagai contoh yang ada di negara Brazil,Kayu dari pohon Jacaranda ini bisa di buat sebagai beragam furnitur dan juga dapat digunakan untuk badan gitar akustik. Daun dari jacaranda juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pewarna ungu oleh orang di negara Cina. Lalu kemudian air yang di-ekstrak dari pohon Jacaranda ini ternyata mengandung suatu zat yang disebut mikroba yang berfungsi untuk melawan sel-sel bakteri E.coli, bakteri jenis ini terkenal di karenakan salah satu penyebab sakit perut.

Leave a Reply