Bibit Sukun Harga Murah Kualitas Unggul.  Tanaman sukun ini masih termasuk ke dalam famili moraceae dan juga memiliki kerabat dekat dengan Mentawa, Pintau, Kluwih, Cimpedak, Nangka, Benda, Selanking, Klempatak, Keledang, dan Monkey Jack.

Bibit Sukun Harga Murah Kualitas Unggul

Buah Sukun merupakan jenis buah sering dikenal sebagai buah roti, disebut sebagai buah roti karena buah ini mempunyai tekstur, rasa dan juga kandungan yang hampir serupa dengan roti pada umumnya.

Untuk informasi seputar Bibit Sukun,silahkan klik disini

Selain itu,buah sukun juga banyak mengandung sumber karbohidrat yang penting bagi kesehatan tubuh manusia,tak jarang jika di kawasan India Barat dan Polynesia buah sukun ini menjadi makanan pokok pengganti beras maupun gandum.

Buah sukun ini memiliki nama yang  cukup berbeda di berbagai Negara, di negara Perancis,buah sukun dikenal dengan nama arbe a pain, di negara Portugal dikenal dengan nama fruto pao, sedangkan di Fijian dikenal dengan nama Uto.

Buah sukun juga dapat dikonsumsi dengan berbagai macam hidangan dan dengan pengolahan yang berbeda pula yakni dengan direbus, digoreng, maupun dengan cara lainnya.

Buah Sukun atau dalam bahasa latin disebut Artocarpus altilis,merupakan tanaman yang masih termasuk ke dalam famili nangka-nangkaan yang tersebar secara merata di hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Tanaman ini merupakan jenis tanaman pionir yang dapat tumbuh dengan baik di tanah yang subur maupun tanah yang kurang begitu subur, di tanah berkapur juga dapat tumbuh dengan baik atau di tanah podsolik berwarna merah kekuningan, tanaman sukun ini juga kerap ditemukan tumbuh liar di hutan-hutan maupun di daerah rawa yang pasang surut maupun pada daerah pinggir pantai yang memiliki ketinggian 0 hingga 2000 meter di atas permukaan laut.

Morfologi Tanaman Sukun

Kandungan buah sukun ini sangatlah beragam, kandungan yang paling mencolok pada buah sukun diantaranya adalah karbohidrat, kalium, kalsium, natrium, riboflavin, thiamin, dan juga terdapat vitamin C.

Tak hanya pada buah nya saja yang terkandung banyak nutrisi,pada bagian kulit kayu dari tanaman sukun ini juga mempunyai kandungan yang bermanfaat juga seperti yaitu flavonoid yang mana senyawa tersebut merupakan senyawa tambahan dari polifenol yang dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker.

Tanaman sukun ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian hampir 17 meter dengan bentuk daun yang berlobi besar. Pada bagian kulit luar buah sukun ini berbentuk seperti segmen petak yang mana bagian lapis luar cenderung berbentuk polygonal dengan warna khas hijau kekuningan. Segmen petak tersebut lah yang nantinya akan menentukan adanya tingkat kematangan dari buah sukun.

Buah dari tanaman sukun ini dominan memiliki diameter yang berkisar antara 20 hingga 34 cm dengan bentuk yang membulat dan sedikit terdapat polygon kecil dengan serabut bulu tipis,pada bagian dalam kulit buah ini mempunyai tektsur yang lembut dan juga tebal, mempunyai duri kecil namun terasa kasar saat di pegang,duri pada sukun ini mempunyai warna hijau kekuningan hingga coklat tua.

Tanaman sukun ini dapat tumbuh bagus dan normal hingga mencapai ketinggian 3000 meter di atas permukaan laut (mdpl), selain itu tanaman sukun juga memerlukan curah hujan antara 1500 hingga 2000 mm dan dengan suhu berkisar antara 25 hingga 30 derajat celcius. Bibit Sukun Harga Murah Kualitas Unggul

Pada bagian daging buah terdapat di serabut tipis yang ada di dalam buah, bagian daging buah sukun tersebut dominan berwarna kuning pucat ataupun juga ada yang mempunyai dagin berwarna sedikit keputihan dan juga agak sedikit lembab,daging buah sukun ini mengelilingi lingkaran tengah. Tanaman sukun dapat diperbanyak dengan teknik pencakokan, atau juga  bisa dengan stek atau tempelan.