Bahan kerudung anak yang adem . Dalam Al Qur’an pun di jelaskan untuk menyuruh kepada seluruh wanita untuk wajib memakai khimar atau kerudung untuk perempuan.

Apabila sudah tertera di kitab suci Al Qur’an, maka kita harus patuh dan mengerjakannya. Seperti yang tercantum dalam firman Allah ta‘ala, surat An-Nuur, ayat 31

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الإرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِ النِّسَاءِ وَلا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung (khimar) ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara lelaki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.’” (Qs An Nuur: 31)

TIPS MEMILIH JILBAB ANAK

Anak merupakan anugerah serta titipan Allah SWT yang wajib kita jaga, sehingga mengarahkan sang buah hati agar menjadi anak yang sholeh serta sholehah, beriman dan selalu takwa adalah tanggung jawab terbesar orang tua guna mengarahkan anak kelak dijalan yang benar.

Memiliki seorang anak yang lucu dan mengemaskan adalah hal terindah dalam setiap keluarga, apalagi jika dikaruniai anak perempuan. Untuk anak perempuan, perintah dalam syariat islam dalam menutup aurat harus dilatih sejak kecil, termasuk juga dalam mengenakan jilbab.

Karena pada jaman yang semakin berkembang, dan kelak ketika ia mulai beranjak dewasa akan semakin banyak moral-moral remaja yang sudah rusak karena tidak pernah diajarkan nilai-nilai keagamaan sejak kecil.

Maka sebelum sang anak terjerumus lebih jauh pada hal yang tidak diinginkan tersebut sangat diperlukan didikan dan latihan berbusana muslim maupun berhijab sejak dini.

Hukum memakai hijab untuk anak-anak sebelum memasuki masa baligh memang tidak diwajibkan, tetapi tidak ada salahnya jika anda para orang tua mulai mengajarkan anaknya untuk memakai hijab agar terbisa ketika dewasa nanti.

Anak kebanyakan tidak suka memakai kerudung karena gerah atau tidak nyaman, maka dari itu para orang tua harus benar-benar pintar dan cermat memilih jilbab atau busana muslim yang akan digunakan si anak.

Banyaknya produsen-prodesen hijab atau kerudung yang menghasilkan berbagai macam motif, warna serta model yang menarik belum tentu dapat menjamin kualitas dan kenyamanan si penggunanya termasuk produk jilbab anak itu sendiri. Untuk itu disini saya akan memberikan solusi terbaik untuk anda yang ingin membeli jilbab anak.

TIPS MEMILIH JILBAB ANAK SEBAIKNYA HARUS DIPERHATIKAN HAL-HAL SEBAGAI BERIKUT:

Bahan nyaman dan menyerap keringat

Untuk jilbab anak sebaiknya cari bahan yang 100% katun atau rayon, karena keistimewaan dari bahan katun yaitu mampu menyerap keringat dengan baik. Sifat aktif dan ruang gerak yang tidak terbatas merupakan alasan anda dalam memilih bahan nyaman dan berkualitas.

Namun hindari pemilihan bahan jilbab polyester, karena jika anda memiliki anak dengan kulit sensitif, bahan ini akan menimbulkan rasa gatal karena alergi pada kulit.

Pilihlah warna yang cerah

Dalam pemilihan warna jilbab untuk anak yang tepat dapat anda sesuaikan dengan keinginan mereka, maka itu biarkanlah ia ikut menentukan mana pilihan warna yang ia sukai.

Pilihkan kerudung dengan nuansa cerah atau motif warna-warni, karena warna busana biasanya dapat mempengaruhi perasaan si anak.

Dengan memberikan pilihan warna cerah seperti pink, biru, merah, atau warna-warni maka dapat membuat anak merasa lebih bahagia dan bersemangat.

Bedakan jilbab dalam berbagai aktifitas

Jika anda ingin mulai mengajarkan sang anak untuk berhijab mulai sejak dini, sebaiknya belilah jilbab lebih dari satu. Selain itu pilihlah mana jilbab yang akan dipakai untuk sehari-hari, untuk berpergian, atau untuk kegiatan keagamaan seperti mengaji.

Pilihlah jilbab yang menutup aurat

Semua orang tua bukan hanya harus sekedra memerintahkan anaknya untuk berhijab tapi mereka juga harus mengajarkan syariat-syariat terpenting dalam islam dari perintah berhijab itu sendiri. Islam mengajarkan wanita muslim untuk berhijab agar menutup aurat, sehingga untuk jilbab yang benar yaitu memiliki ciri-ciri panjang dan menutupi dada. Begitu pula dengan ketentuan dan syarat-syarat memakai jilbab untuk anak.

Jilbab praktis atau instan

Jilbab praktis untuk anak dapat dijadikan pilihan bagi anda para orang tua yang baru memulai mengajarkan anaknya untuk berhijab. Jilbab instan biasanya lebih membuat si kecil merasa nyaman ketika bermain karena mudah digunakan dan tidak merepotkan.

Model kesukkan anak

Untuk melatih anak anda dalam berhijab, selain memilih warna kesukaannya anda juga dapat menentukan model sesuai dengan karakter yang ia sukai. Karena cara tersebut akan memudahkan anda mendidik anak dalam berhijab sehingga tanpa disuruh si anak sudah mau memakai hijab pilihannya sendiri. Selain itu hal tersebut juga akan menghilangkan rasa bosan dan jenuh terhadap anak-anak yang memakainya.

Tidak Pakai Jarum

Jarum pentul atau peniti bisa melukainya karena mereka masih aktif bergerak, selain itu penggunaan jarum atau peniti juga dapat membuat kulit anak gatal terutama untuk kulit yang jenisnya sensitif. Maka itu sebisa mungkin pilihlah jilbab sederhana tanpa peniti agar lebih mudah dipakai dan tidak berbahaya untuk sang buah hati.