Apa Itu AC VRV Serta Kelebihan AC VRV

Ada banyak tipe atau jenis AC, termasuk AC Daikin yang memiliki banyak sekali tipe atau jenisnya. Mulai dari AC untuk rumahan sampai AC yang dibutuhkan untuk industri besar. Mungkin untuk AC Split dan AC standing sudaj tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. AC tersebut memiliki 2 unit yang dipasang di tempat berbeda, yaitu unit indoor dan unit outdoor. Pada umumnya satu unit outdoor hanya bisa dipasangkan untuk 1-3 unit indoor. Namun kali ini kami akan memberitahukan bahwa ada sistem AC yang dapat menghubungkan ke banyak unit indoor lebih dari 3 unit sekaligus. AC Daikin memiliki Sistem AC VRV untuk bisa menghubungkan unit indoor hingga 64 unit indoor secara bersamaan. Lalu apa itu AC VRV dan apa sih kelebihan dari AC VRV ini? Dan kali ini kami akan berikan ulasannya sedikit tentang AC VRV.

apa itu ac vrv

VRV sendiri memiliki singkatan dari Variable Refrigerant Volume atau bisa diartikan sebagai sistem kerja refrigerant yang berubah-ubah. VRV sistem merupakan teknologi yang sangat canggih yang dimiliki oleh AC Daikin, karena telah menggunakan CPU dan kompressor inverter yang menjadikan VRV sistem ini sangat handal dalam urusan hemat energi. Karena AC VRV ini dapat menghubungkan 64 unit indoor sekaligus dan dapat bekerja secara bersamaan tanpa harus khawatir boros listrik.

Kenapa bisa hemat energi?

Tentu bisa, karena sistem VRV ini dapat mengontrol dingin di setiap ruangan, jika ada kelebihan dingin maka akan secara otomatis mengurangi kerja AC unit indoor diruangan yang kelebihan dingin tersebut. Dan pastinya kinerja pada kompressor pun akan berkurang dan hal tersebutlah yang dapat mengurangi konsumsi listrik meskipun 64 AC unit indoor dinyalakan bersamaan. Selain itu, tingkat kebisingan yang ditimbulkan oleh AC VRV ini sangatlah minim sekali meskipun bentuknya yang besar untuk unit outdoor VRV system tersebut.

Lalu apa kelebihan AC VRV System ini?

Tentu sangat mudah dalam perawatannya
Untuk mengontrol kerja kompressor, PCB dan EEV anda dapat mengeceknya pada panel bagian depan saja sehingga mudah juga dalam pemeliharaan/perawatan AC VRV System ini.

  1. Memiliki Digital Scroll Compressor
    Hanya butuh 1 PCB kontrol sehingga anda dapat mengontrol sistem kelistrikannya dengan sangat mudah dan tidak harus cek di banyak sirkuit.
  2. Dapat digunakan hingga kapasitas yang besar
    AC VRV ini memang didesain untuk pemakaian kapasitas besar (8-64)HP dan tidak membutuhkan ruangan yang luas untuk installasinya. Sistem pemipaanya pun bisa dilakukan hanya menggunakan satu sistem pipa untuk 64 unit indoor.
  3. Refrigerant R410a
    AC Daikin VRV System ini telah menggunakan freon R410a yang tentunya sangat ramah lingkungan, dan telah menjadi standar bahan pendingin di Indonesia jadi tidak perlu khawatir akan kerusakan lapisan ozon jika memakai AC VRV ini.

 

Demikian yang dapat saya berikan ulasan mengenai apa itu AC VRV yang dapat menghubungkan langsung ke 64 unit indoor. Untuk memiliki AC Daikin VRV System tersebut anda harus menghubungi AC Shop Daikin yang telah dipercaya oleh Daikin Indonesia sebagai distributor resmi AC Daikin seperti Haka Polar Indonesia.

Leave a Reply