8 Tips Cerdas dalam Memilih Rumah Idaman

8 Tips Cerdas dalam Memilih Rumah Idaman

8 Tips Cerdas dalam Memilih Rumah Idaman

8 Tips Cerdas dalam Memilih Rumah Idaman – Memilih rumah bisa menjadi hal yg menarik sekaligus menakutkan, Anda hrs berhati-hati semoga tidak salah langkah dan kecewa di kemudian hari.

Memilih rumah di perumahan bs mjd salah satu pilihan bagi Anda yg sedang mencari rumah. Memiliki rumah di perumahan akan memberikan marak keuntungan, adlh tetangga baru & pengalaman baru hidup bersama dgn komunitas besar.

Agar Anda tidak salah langkah, simak tips memilih rumah berikut ini!

8 Tips Dalam Memilih Rumah Idaman

1.    Harga Rumah Terjangkau

Ketika biasanya orang bermimpi mempunyai rumah keluarga yang luas & mewah, Anda tidak hrs memaksakan hal tersebut andaikata budget tidak mencukupi. Mungkin saja pembiayaan rumah dapat dibantu dengan kredit pemilikan rumah atau disingkat KPR.
Namun jika Anda tidak sedap melakukan cicilan dalam jangka waktu serta jumlah yg besar, ada baiknya tuk memilih rumah dengan harga yg sesuai dgn kemampuan.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, developer perumahan, khususnya di kota-kota segara berlomba membangun hunian boncel lantaran lahan yang makin terbatas.

2.    Legalitas

Saat ini warga mencari properti yang sudah memiliki status SHM (Sertifikat Hak Milik) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan).

Sertifikat Hak Milik atau SHM ialah sertifikat kepemilikan penuh seseorang atas satu lahan atau tanah Oen pemegang sertifikat. SHM merupakan bukti kepemilikan terkuat atas satu lahan.

Sertifikat Hak Guna Bangunan atau SHGB adalah type sertifikat bagi para pemegang sertifikat yang hanya dapat menggunakan satu lahan untuk mendirikan bangunan atau keperluan lain dlam kurun waktu yg sdh ditentukan.

Kepemilikan lahan HGB sendiri dipegang oleh negara. Biasanya, batas waktu SHGB sendiri pny batas waktu 20 sehingga 30 tahun & bs diperpanjang. Setelah melewati batas waktu tersebut, pemilik sertifikat mesti mengurus perpanjangan SHGB.

Pastikan Anda membeli rumah dengan status Hak Milik & HGB. Kedua status tersebutlah yg akan diterima oleh pihak bank.

3.    Lokasi

Dalam pemilihan lokasi Anda bs memilih apakah cukup dekat dengan tempat kerja? Kemudahan akses transportasi seperti KRL ataupun LRT? Aman tidaknya dari bahaya banjir? Seperti apa akses jalan mutlak mendekati rumah? Apakah kondisinya penuh lubang atau sulit dijangkau karena terlalu sempit untk dilewati mobil?

Selain wujud jasad dari rumah, kita juga mesti menyertakan intuisi di dalamnya. Apa kesan pertama kali dlm beberapa detik pertama ketika Anda sedang berada di lokasi perumahan? Apakah rumah ini memberikan kesan bahagia atau justru menekan Anda?

4.    Arah Rumah

Sebaiknya pilihlah rumah yang berorientasi ke sisi timur, ialah jihat datangnya sinar matahari pagi, lantaran lebih sehat serta malamnya kondisi rumah kamu tidak akan panas.

5.    Posisi Rumah

Posisi rumah akan menentukan harga rumah di sebuah perumahan. Misalnya kita memperoleh posisi rumah di pojokan, jadi harganya akan lebih tinggi dibanding rumah yg terletak ditengah-tengah.  Perlu diketahui posisi hook atau pojokan ini sering jadi incaran banyak pembeli dikarenakan kamu dapat mengembangkan rumahmu dengan ukuran yang lebih besar.

6.    Status Rumah

Biasanya pengembang menyediakan dua pilihan, rumah siap huni atau rumah  indent (pembelian barang dgn Metode memesan atau membayar lebih dahulu).
Rumah siap huni rata-rata rumahnya tlah makanya serta siap ditempati. Kamu dpt melihat rumah scr langsung dan boleh langsung menempati saat sdh membayar atau kreditnya disetujui bank.
Sementara rumah indent artinya kamu hanya boleh memilih lokasi dari gambar peta situs perumahan kemudian menunggu 8 bulan hingga dua tahun untuk proses pembaharuan rumah.

7.    Lingkungan

Jika Anda mempunyai anak sesuaikan lingkungan dengan kebutuhan anak. Seperti adanya fasilitas lapangan ataupun taman tempat mereka bermain. Adakah anak-anak seumuran di sekitarnya? Apakah kondisi lingkungan cukup aman & kondusif untk merecup kembang anak?

8.    Dekat dgn Pusat Aktifitas

Lokasi rumah yang dekat dg sekolah, kawasan perbelanjaan, rumah sakit, perpustakaan, tidak kalah penting tuk “memanjakan” keluarga katai Anda.
Lebih baik lagi misalnya sejumlah fasilitas tersebut boleh dijangkau dengan berjalan kaki atau bersepeda. Dengan amat anak-anak bisa sampai ke sekolah dgn mudah sehat dan murah. Yang terpenting, akses orangtua berkiblat tempat bekerja juga boleh penting diperhitungkan.

Leave a Reply