Setiap perempuan tak akan pernah luput dari produk-produk perawatan kulit yang memiliki fungsi untuk memelihara kesehatan kulit itu pula. Umumnya saat memakai produk perawatan kulit, terdapat beberapa ketentuan malahan urutan memakai produk yang satu dan yang lain.

Tetapi, seluruh ketentuan dan urutan itu tak seluruhnya benar. Beberapa malahan diduga mitos, seperti berbagai macam perawatan kulit berikut ini.

  1. Tak penting menggunakan tabir surya saat mendung

Radiasi matahari merupakan salah satu yang menyebabkan penuaan kulit. Walaupun cuaca tengah mendung malahan tak ada sinar matahari sekalipun, beberapa radiasi tetap akan mengenai kulit. Malahan radiasi ini dapat menerobos kaca dan jendela.

Itu alasannya, penting untuk tetap menggunakan tabir surya walaupun dalam kondisi mendung. Pilihlah tabir surya dengan minimun 30 SPF dan terapkan pada wajah dan leher.

  1. Minyak menutup pori-pori

Pemilihan minyak esensial bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori dan respon alergi bila tak dipilih dengan tepat. Anda mesti mencermati jenis kulit dengan minyak yang dipakai.

Di hal lain, minyak diperlukan untuk menutrisi, melembutkan, dan memulihkan keadaan kulit. Minyak ini baik dipakai dalam bentuk, krim, serum, atau pembersih.

  1. Kulit berminyak jangan diberi pelembap

Ini menjadi mitos yang sering sekali didengar. Penting anda kenali bahwa seluruh jenis kulit penting pelembap. Saat anda berupaya menyingkirkan minyak berlebih dengan sabun ataupun malahan alkohol, justru memperparah keadaan kulit.

Yang diperlukan untuk kulit berminyak ialah produk kosmetik yang tak memiliki kandungan SLS dan melembapkan dengan produk yanng tak mempunyai komponen komedogenik.

  1. Parabens menimbulkan kosmetik

Parabens dipakai untuk mengawetkan produk kosmetik. Bila diberikan dalam jumlah yang melampaui batas, bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Walaupun termasuk dalam jenis pengawet, parabens sudah melewati beberapa uji klinis supaya aman dipakai dalam produk kosmetik. Kandungan pemakaian parabens dalam produk kosmetik pun telah diatur sehingga tetap aman untuk kulit.

  1. Hanya boleh memakai produk kosmetik alami

Pemakaian produk kosmetik alami memang dinilai ekstra aman. Tetapi bila telah lewat proses olahan sehinga menjadikannya aman dipakai. Bahan alami jenis apa juga tentu mempunyai efek samping yang cukup kurang baik untuk kulit bila dipakai bentuk murni. Lantaran tak seluruh bahan alami tepat untuk seluruh jenis kulit.

  1. Memakai tonik wajah itu membuang uang

Anda mesti pahami jenis tonik wajah apa diperlukan. Di pasaran kini banyak jenis tonik wajah yang memiliki kandungan lotion, asam, gliserin, dan masih banyak. Seluruh itu tergantung keperluan kulit.

Bila ingin melembutkan kulit, anda bisa memakai tonik wajah dengan asam. Bila ingin melembapkan kulit, anda bisa pilih tonik wajah dengan gliserin.