5 Tips Memilih Sereal Sarapan yang Sehat dan Mengenyangkan

Di hari-hari yang super repot, sereal dapat jadi pilihan menu sarapan yang praktis. Tinggal tuangkan susu serta sereal favorite Anda, voila! Sarapan siap santap kurun waktu singkat. Meskipun demikian, tidak semuanya sereal sarapan nyatanya sehat. Umumnya memiliki kandungan tinggi gula serta kalori yang jadi dapat buat gemuk serta cepat lapar sebelumnya saat makan siang tiba.

Tenang. Anda masih tetap dapat, kok, nikmati sereal tanpa ada mesti cemas juga akan kesehatan Anda. Simak panduan berikut ini untuk pilih sereal sarapan yang sehat untuk memulai hari.

Panduan pilih sereal sarapan yang sehat serta bergizi

1. Baca label info nilai gizi di kemasan

Waktu beli sereal, yakinkan senantiasa baca dahulu label info nilai gizinya. Ini perlu untuk Anda memprediksi berapakah jumlah kalori yang Anda asup untuk 1x makan, terlebih bila Anda tengah berupaya mengontrol berat tubuh atau mempunyai keadaan medis spesifik.

Ditulis dari WebMD, menurut Kristen Smith, RD, seseorang pakar diet pada WellStar Comprehensive Bariatric Program di Atlanta, sereal sarapan yang baik semestinya memiliki kandungan 200 kalori per hidangan. Pakai gelas atau ukuran ukur untuk melindungi kandungan kalori pada makanan Anda.

Diluar itu, membaca label gizi juga sangat mungkin Anda untuk tahu nutrisi apa sajakah yang berada di dalam sereal sarapan itu.

2. Tentukan yang terbuat dari gandum utuh

Tidak semuanya sereal sarapan memiliki kandungan gandum utuh. Sebagian telah digabung dengan tepung terigu atau beras. Pilih sereal yang terbuat dari 100% biji-bijian utuh perlu karna product itu masih tetap menjaga beberapa besar kulit (dedak) serta germ yang terlampir dengan benih itu. Dedak serta germ yaitu sisi gandum yang paling kaya nutrisi.

Gandum utuh begitu baik untuk kesehatan badan karna kaya serat, anti-oksidan, dan vitamin serta mineral yang bisa menolong mengontrol berat tubuh, kurangi resiko diabetes type 2 serta penyakit jantung, serta turunkan cholesterol. Serat dari gandum utuh juga menolong buat perut terasa kenyang lebih lama.

Tetapi hati-hati. Lepas dari apakah sereal itu gandum utuh atau tidak, Anda harus juga cermati seberapa banyak gula yang terdapat di dalamnya. Umumnya, makin banyak kandungan gula dalam sereal, jadi makin sedikit kandungan seratnya. Karenanya, pastikan sereal yang memiliki kandungan serat sejumlah tujuh gr atau lebih supaya kandungan gulanya tidak berlebihan.
Makin tinggi kandungan seratnya, jadi makin lama juga rasa kenyangnya.

3. Tentukan sereal yang rendah gula

Walau pada sereal paket sereal tertulis “rendah gula” atau sugar-free, sebenarnya tidak selamanya sekian. Mungkin saja saja sereal itu benar minim gula pasir, tapi memiliki kandungan gula tersembunyi hingga luput dari perhatian.

Jauhi product sereal yang memiliki kandungan 10 gr gula atau sekitaran tiga sendok teh gula per satu porsinya. Mulai hari dengan menu sarapan tinggi gula bisa buat gula darah melonjak serta lalu turun secara cepat. Berikut yang mengakibatkan Anda jadi cepat lapar, walau sebenarnya barusan makan.

Bukan sekedar itu. Membiasakan konsumsi makanan manis serta tinggi karbohidrat kosong dapat tingkatkan resiko diabetes type 2, penyakit jantung, serta kanker di masa yang akan datang.

Karenanya, pastikan sereal yang cuma memiliki kandungan lima gr gula per porsinya. Untuk membuat rasa manis pada sereal, cukup berikan buah-buahan fresh seperti buah berikan, kismis, atau buah-buahan yang lain. Langkah tersebut juga pas dikerjakan waktu Anda menghidangkan sereal jadi menu sarapan si kecil supaya ia tetaplah makan buah.

4. Cermati kandungan lemak jenuhnya

Waktu menyeleksi sereal sarapan yang sehat, cermati juga kandungan lemak jenuhnya dengan kata lain trans fat. Lemak jemu bisa tingkatkan cholesterol yang bisa menyumbang resiko penyakit jantung.

Pastikan sereal yang rendah lemak jemu atau lemak trans. Tidak lebih dari dua gr. Info ini bisa Anda dapatkan pada label gizi yang terdaftar pada paket sereal. Jangan pernah terlewati, ya!

5. Tentukan yang diperkaya dengan vitamin serta mineral

Tidak semuanya sereal memiliki kandungan vitamin serta mineral. Umumnya telah alami sistem pabrikan yang demikian panjang hingga menghanguskan nutrisi alaminya.

Jadi, lebih jelilah waktu beli sereal. Check paket serta cari info label “fortifikasi” dengan kata lain fortified. Ini berarti sereal itu sudah berniat ditambah oleh beberapa vitamin serta mineral spesifik.

Apa serta berapakah jumlah yang ditambahkan dalam tiap-tiap product dapat tidak sama. Baiknya pastikan sereal sarapan yang telah diperkaya penambahan kalsium, vitamin D, asam folat, serta vitamin C untuk memenuhi keperluan nutrisi harian Anda.

Leave a Reply